Belum Tahapan, Bawaslu Tak Boleh Sembarangan

jufri rahman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta agar tidak gegabah dalam bertindak. Terutama, yang berkaitan dengan ASN jelang momen Pilkada Serentak 2020.

Staf Ahli Menpan RB Bidang Otonomi Daerah, Jufri Rahman mengatakan, tahapan pemilu belum berjalan. Aturan larangan dalam politik praktis untuk ASN pun, kata dia, belum bisa diberlakukan.

Termasuk bagi ASN yang hendak maju dalam pilkada. Memasang spanduk seperti ucapan selamat, menurutnya tak melanggar. Termasuk jika ada camat atau lurah yang ingin membuat spanduk sebagai bentuk sambutan untuk kepala daerah petahana.

“Pertanyaannya, apakah tahapan sudah jalan? Apakah sudah ada pasangan calon? Yang dilarang itukan dukungan kepada pasangan calon dan tahapan ini belum berjalan,” tegas mantan Kepala Biro Pemerintahan Setda Pemprov Sulsel ini.

Dia mengingatkan agar Bawaslu di daerah tak sembarangan dalam memberi sanksi. “Jangan sampai itu berdampak negatif bagi mereka. Kredibilitas Panwas turun karena bisa saja mereka justru yang dianggap tidak mengerti aturan,” tambahnya. (ful/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...