Pemprov Sulut Jadi Pelopor di Indonesia Tolak Kerja Sama Media Abal-Abal

Kamis, 13 Februari 2020 00:26

FAJAR. CO. ID, MANADO — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut jadi pelopor pemerintah yang patuh pada aturan pers, terutama pada kerja sama media yang sudah terverifikasi faktual di dewan pers.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), pun mendapatkan penghargaan Pers Award dari Jawa Pos Group (group media terbesar di Indonesia). OD-SK menjadi kepala daerah pertama se Indonesia, yang mampu menyelenggarakan pemerintahan khususnya di bidang penyebaran informasi komunikasi, yang patuh pada aturan pers.

“Gubernur Olly Dondokambey dan wagub Steven Kandouw (OD-SK), angkat wibawa pers yang selama ini direndahkan oleh media dan wartawan abal abal. Karena itu kami memberikan penghargaan kepada gubernur dan wagub atas kepeloporannya berani bersikap terhadap media-media abal-abal dì Sulut. Hanya media yang sudah terverikasi faktual Dewan Pers, pemrednya lulus uji kompetensi wartawan utama, semua persyaratan administrasi, dan akutansi lengkap sesuai standar BPK- RI, yang bisa bekerjasama dengan Pemprov Sulut,” ujar Suhendro Boroma, Direktur Utama Jawa Pos Group yang juga Dirut Manado Post.

“Kita apresiasi keberanian Gubernur Sulut. Jangan terpengaruh dengan tekanan dan ancaman media abal-abal,” tambah Boroma. Langkah ini juga menurut Boroma, dapat menjadi insentif terhadap media-media untuk terus menegakkan standar kualitas, kredibilitas, integritàs, dan trust di tengah keberlimpahan informarsi.

“Karena semestinya Pemerintah melakukan upaya kongkrit dan nyata utk menekan dan memperkecil ruang gerak media-media abal-abal dan banyak memproduksi hoax, fake news dan menurunkan wibawa pers nasional,” jelasnya.

Komentar