Preview Sociedad vs Mirandes: Hormati Pembunuh Raksasa

Kamis, 13 Februari 2020 15:55

Mirandes satu-satunya klub dari luar La Liga di semifinal Copa del Rey/MARCA

FAJAR.CO.ID, SAN SEBASTIAN—Real Sociedad akan ditantang Mirandes di leg pertama babak semifinal Copa del Rey, dinihari nanti. Status favorit tak membuat Sociedad berani meremehkan tamunya di Reale Arena.

THE ROYAL, julukan Sociedad sudah paham bagaimana berbahayanya Mirandes musim ini. Klub Segunda Division itu menjadi pemangsa raksasa di Copa del Rey. Sejak babak 32 besar, mereka mengeliminasi Celta Vigo, Sevilla, dan Villareal.

Sukses Mirandes menyingkirkan tiga klub La Liga itu membuat The Royal menaruh respek tinggi pada tamunya. Pelatih Sociedad, Imanol Alguacil menegaskan, saat ini, semua klub kontestan semifinal, termasuk Mirandes berpeluang lolos ke final.

“Ini kesempatan unik bagi kita berempat. Ini semifinal dan artinya sama jika Anda berada di divisi pertama atau kedua,” tegas Imanol terkait lawan mereka di babak empat besar dikutip dari MARCA.

Tapi, terlepas bahwa mereka menghormati Mirandes, Imanol percaya dengan kemampuan timnya yang mengeliminasi Real Madrid di Santiago Bernabeu. “Saya ingin melihat para penggemar menikmati kemenangan lain,” ujarnya.

Bek Sociedad, Joseba Zaldua menambahkan, bermain di final akan menjadi prestasi luar biasa bagi mereka. Karena itu, ia berharap timnya bisa memaksimalkan laga leg pertama ini dengan kemenangan meyakinkan.

“Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah pertandingan penting dan kami semua sangat termotivasi karena ini adalah kesempatan unik bagi kami untuk membuat sejarah dan memainkan final Copa bersama La Real,” kata Zaldua di China.org.

Mikel Oyarzabal dan Martin Odegaard yang sempat bermasalah dalam derbi Basque kontra Athletic Bilbao akhir pekan lalu dilaporkan siap bermain. Dengan demikian, tuan rumah yang memburu final pertamanya dalam 30 tahun terakhir hanya akan kehilangan kaptennya, Asier Illarramendi yang sudah menepi hampir enam bulan.

Di kubu Mirandes, mereka berambisi melanjutkan kejutan. Bahkan, ambisi itu dilontarkan langsung pemain pinjaman asal Sociedad, Martin Merquelanz. “Saya tidak peduli apakah saya protagonis atau tidak, saya ingin Miranda lolos karena sekarang saya membela jersey ini,” tegasnya di Sports Finding.

Merquelanz yang mencetak satu gol dan memberi tiga assist ketika Mirandes menghajar Villareal dengan skor 4-2 di perempatfinal mengatakan, untuk bisa ke final, mereka harus bermain baik sejak leg pertama. “Jelas bahwa untuk lolos kami harus mendapatkan hasil yang baik di Anoeta kemudian menyelesaikannya di Anduva,” katanya.

Pelatih Mirandes, Andoni Iraola sementara itu memastikan timnya siap meladeni permainan tuan rumah. Menurutnya, Sociedad seperti halnya Bilbao dan Granada akan jadi lawan berat mereka. “Siapa pun akan menjadi lawan yang tangguh,” kata Iraola di Diario Vasco.

Iraola sendiri mengklaim seluruh pemainnya siap bermain. Termasuk Jon Guriri dan Modibo Sagnan yang juga mereka pinjam dari Sociedad. “Semua bisa bermain. Bagi mereka, menghadapi Sociedad adalah ilusi dan insentif lain. Ini (Sociedad) tim yang menyerang dengan sangat baik,” tandasnya.

Mirandes yang 16 tahun lalu mengalahkan Sociedad dalam drama adu penalti akan berharap banyak pada ketajaman Matheus Aias yang sudah mengoleksi lima gol di Copa del Rey. Sedangkan Sociedad, mereka akan mengandalkan Alexander Isak yang kini jadi top skor dengan tujuh gol. (amr)

Prakiraan Pemain

Real Sociedad (4-1-4-1): Remiro; Gorosabel, Elustondo, Normand, Monreal; Zubeldia; Januzaj, Odegaard, Merino, Oyarzabal; Isak

Pelatih: Imanol Aguacil

Komentar