Tak Bahagia Menang, Pelatih Bilbao, Garitano Sebut Penyebabnya Gol yang Dianulir

Kamis, 13 Februari 2020 08:47

Gaizka Garitano/Larreina/MARCA

FAJAR.CO.ID, BILBAO—Athletic Bilbao memenangi leg pertama babak semifinal Copa del Rey. Kendati begitu, kemenangan atas Granada itu tidak membahagiakan bagi Bilbao. Pemicunya, mereka kecewa gol dianulir.

Pelatih Bilbao, Gaizka Garitano menegaskan, upaya mereka sudah sangat maksimal. Makanya, mereka sedikit jengkel hanya menang 1-0. “Di ruang ganti tidak ada seorang pun yang bahagia. Kita seharusnya mencetak lebih banyak gol,” katanya di MARCA.

Garitano mengaku tidak habis pikir gol kedua mereka dianulir. Alasannya, pemain lawan sama sekali tidak melakukan protes. “Mereka mengambil gol kedua kami. Itu sah. Tidak ada yang memprotesnya,” keluh Garitano.

Tampil di depan publik sendiri di San Memes, Kamis, 13 Februari hari ini, Bilbao menang tipis 1-0. Gelandang serang, Iker Muniain menjadi pahlawan lewat gol semata wayangnya di menit ke-42.

Gol ini bermula dari pergerakan Inaki Williams di sektor kiri pertahanan Granada. Lolos masuk ke kotak penalti, sang bomber kemudian mengirim umpan ke mulut gawang yang dengan mudah diselesaikan Iker Muniain.

Bilbao sebenarnya mampu mencetak gol kedua mereka di menit ke-60 melalui Ander Capa. Akan tetapi, wasit Alejandro Hernandez menganulir gol tersebut setelah intervensi Video Asisten Wasit (VAR) memperlihatkan Williams dalam posisi offside sebelum Ander Capa mencetak gol.

Meski sudah menang 1-0, Bilbao belum pasti bisa melangkah ke babak final untuk menantang pemenang laga semifinal lainnya yang mempertemukan Real Sociedad kontra Mirandes. Pasalnya, mereka masih harus melawat ke markas Granada pada leg kedua, 4 Maret mendatang. (amr)

Komentar