Yudian Wahyudi Sebut Agama Musuh Besar Pancasila, Ma’ruf Amin: Saya Harap Beliau Klarifikasi Ucapannya


Sekjen PPP itu menyarankan agar BPIP bekerja sama dengan MPR untuk membumikan Pancasila. Salah satunya, bagaimana membuat konsep yang menarik untuk sosialisasi 4 Pilar MPR kepada kalangan milenial. Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut menyebut Yudian perlu diluruskan. Sebab, terkesan membenturkan agama dengan Pancasila.

“Pernyataan Kepala BPIP Yudian Wahyudi tersebut, seperti yang dimuat salah satu media siber, terkesan membenturkan agama dengan Pancasila. Kalau agama jadi musuh terbesar Pancasila, sama saja kelompok-kelompok radikal yang anti-Pancasila mendapat justifikasi,” kata Yaqut di Jakarta, Rabu (12/2).

Menurut dia, menjaga Pancasila sebenarnya jadi sebuah bentuk menegakkan agama yang penuh kasih sayang. sekaligus adil bagi semua. Kemudian, menjadi muslim yang baik, rahmat bagi semesta itu juga bagian dari meninggikan derajat Pancasila. Yaqut mengatakan, Pancasila yang selama ini diterima sebagai jalan kemaslahatan hidup berbangsa mampu menengahi berbagai macam perbedaan. jika kemudian agama dan Pancasila dibenturkan, maka Pancasila akhirnya dijadikan musuh bersama.

Sebelumnya diketahui Yudian Wahyudi mengatakan, “Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu agama, bukan kesukuan,” kata Yudian. (khf/fin)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR