Achmad Yurianto: Apakah Coronavirus Bisa Dilihat dari Hidungnya

Penumpang MRT menggunakan masker di Kawasan stasiun MRT Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (7/2). Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Coronavirus sebagai kondisi darurat Internasional pada 31 Januari 2020. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyebaran virus yang meluas sebanyak 18 negara yang terkena Coronavirus. Masyarakat turut antisipasi penyebaran virus dengan menggunakan masker saat berada di luar ruangan. FOTO: FAISAL R. SYAM / FAJAR INDONESIA NETWORK.

FAJAR.CO.ID, MALUKU-- Seorang mahasiswa berusia 19 tahun dari desa Sifnana, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, saat ini sedang dirawat di ruang isolasi setelah menunjukkan gejala mirip virus Korona baru (COVID-19).

Mahasiswa berinisial BN itu tiba di Ambon 7 Februari dan kesehatannya memburuk setelah kunjungan ke Malaysia yang notabene sudah terpapar virus tersebut.

BN kini dirawat di rumah sakit umum Magretty Saumlaki di Kepulauan Tanimbar sejak Rabu (12 Februari). Statusnya sejauh ini masih diawasi ketat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan tak semua orang langsung diuji virus Korona sekalipun habis pulang dari negara terdampak. Semuanya harus disertai gejala klinis. Terkait mahasiswa Maluku itu, pihaknya terus memantau bersama pihak rumah sakit setempat.

“Saya bilang paling tidak pas adalah begitu dia (BN) datang sakit langsung (ngomongnya) ini sakit Coronavirus. Apakah Coronavirus bisa dilihat dari hidungnya, nggaklah. Tetap saya bilang bawa ke rumah sakit, nanti rumah sakit yang akan merawat,” kata Yurianto.

Sekarang BN sudah dirawat di rumah sakit dan di ruang isolasi. Namun dia meminta agar masyarakat tak mengambil kesimpulan sendiri.

“Kami juga memberikan perhatian khusus sambil melakukan pemeriksaan khusus. Jangan-jangan nanti misalnya kayak yang di BRI, ternyata cuma radang tenggorokan, dikasih antibiotika responsnya bagus dan langsung sembuh. Virus tidak bisa sembuh dengan antibiotika. Sudah di rumah sakit, sudah diisolasi,” tegasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...