Preview Barcelona vs Getafe: Musuh Setien

Quique Setien/EFE

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona akan ditantang Getafe di pekan ke-24 La Liga, malam ini. Sebagai musuh pribadi, Pelatih Barcelona, Quique Setien harus meracik taktik terbaik agar tak malu di Camp Nou.

PEATIH Jose Bordalas dikenal luas sebagai seteru Setien sejak 2017. Itu menyusul komentar merendahkan Setien terhadap gaya bermain tim asuhan Bordalas saat ia masih menjabat sebagai pelatih Real Betis.

Saat itu, Setien yang kecewa dengan hasil imbang 2-2 tim asuhannya mengatakan bahwa gaya yang dimainkan Bordalas bersama timnya bukanlah sepakbola. Setien menyebut permainan bertahan ala Bordalas adalah sesuatu yang lain.

Bordalas yang ditanyai tentang komentar-komentar Setien sebelum duel ini pun secara terbuka menegaskan pelatih baru Barca itu tidak menghormati dirinya. Ia bahkan mengaku terluka dengan pernyataan Setien.

“Ya, mungkin (tidak menghormati). Ya, kadang-kadang (terluka dengan komentar Setien). Tapi saya tidak marah, bagi saya Setien adalah pelatih yang luar biasa,” kata Bordalas ketika berbicara kepada Cadena Ser.

Laga ini memang menjadi momentum bagus bagi Getafe untuk membalas sakit hati pada Setien. Mereka sejauh ini tampil sangat luar biasa. Pada laga terakhir misalnya, mereka menggasak Valencia dengan skor 3-0 untuk mengamankan posisi ketiga klasemen.

“Orang-orang yang menganggap kami defensif tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Kami sangat menyerang, kami menekan lawan di daerahnya. Sangat menyenangkan melihat kami menyebabkan masalah bagi klub yang jauh lebih besar dan jauh lebih kaya dari kami,” tegas Bordalas di ABC.

Gelandang serang Getafe, Marc Cucurella juga menggemakan ambisi timnya mempermalukan Barcelona. Pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Getafe itu menegaskan, mereka datang ke Camp Nou bukan sekadar mencari satu angka melainkan kemenangan.

“Filosofi kami adalah untuk menang. Ini pertandingan yang sulit, mereka adalah salah satu tim terbaik di dunia. Tapi, kami baik-baik saja. Ada tiga poin yang dipertaruhkan dan kami akan mengejarnya. Namun, jika pada akhirnya kami berakhir dengan satu poin, itu juga akan baik,” ujarnya di Marca.

Lulusan akademi La Masia berusia 21 tahun itu menjelaskan, sudah banyak tim yang merepotkan Barca di Camp Nou musim ini dan ia percaya Getafe juga bisa melakukannya. “Kami telah melihat bahwa lebih dari satu tim telah membuat Barcelona menderita. Kami juga akan berusaha menemukan cara menciptakan kesulitan,” tandasnya.

Sesumbar Getafe tentu tidak bisa dianggap sepele Setien. Meski bermodal kemenangan 3-2 atas Real Betis, sejauh ini ia belum bisa menemukan formula terbaik untuk Lionel Messi dan kawan-kawan. Dalam tujuh laga awal, Setien masih bingung memilih formasi terbaik.

Setelah mencoba formasi 3-5-2 di tiga pertandingan awal, Setien kemudian bermain dengan 4-3-3 dan 4-4-2 di empat pertandingan berikutnya. Dan sejauh ini, hasil yang mereka raih belum bisa dibilang menggembirakan.  

Tak hanya hasil mengecewakan termasuk tersingkir di Copa del Rey dan kehilangan takhta La Liga, Barca juga tidak dalam kondisi terbaik. Selain minim stok penyerang akibat cedera Luis Suarez dan Ousmane Dembele, benteng pertahanan mereka juga cukup mengkhawatirkan.

Untuk laga ini, Clement Lenglet dipastikan absen akibat sanksi. Pada saat bersamaan, Samuel Umtiti dan Gerard Pique tidak dalam kondisi 100 persen akibat gangguan cedera. Untungnya, pemain Barca cukup percaya diri pasca kemenangana away di kandang Real Betis.

“Masih banyak laga liga musim ini yang belum dimainkan. Kita masih bisa menjadi juara, kita bisa kembali ke tempat kita sebelumnya,” kata bek kanan, Nelson Semedo yang kembali menjadi pilihan utama sejak kedatangan Setien.

Sergi Roberto menambahkan, hanya masalah waktu sebelum mereka bisa mengaplikasikan ide Setien. “Kami memiliki lebih banyak minggu untuk bekerja. Setiap perubahan, Anda perlu waktu adaptasi. Sekarang lebih mudah untuk bekerja setelah menang,” ujar Sergi.

Barca yang menang 2-0 di markas Getafe putaran pertama lalu akan kembali mengandalkan trisula; Messi, Antoine Griezmann, dan Ansu Fati di laga ini. Sedangkan Getafe yang tanpa Damian Suarez akan berharap banyak pada duet Jaime Mata dan Jorge Molina. (amr)

Prakiraan Pemain Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Umtiti, Pique, Alba; Arthur, Busquest, De Jong; Griezmann, Messi, Ansu

Getafe (4-4-2): Soria; Nyom, Etxeita, Dakonam, Olivera; Jason, Maksimovic, Arambarri, Cucurella; Molina, Mata

Head to head

28/09/19 Getafe 0-2 Barcelona 12/05/19 Barcelona 2-0 Getafe 06/01/19 Getafe 1-2 Barcelona 11/02/18 Barcelona 0-0 Getafe 16/09/17 Getafe 1-2 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Barcelona

KONTEN BERSPONSOR

Komentar