Setelah Alli, Candaan Kiper Juventus, Buffo Soal Corona Juga Dikecam

0 Komentar

Gianluigi Buffon/EPA

FAJAR.CO.ID, MILAN—Kiper veteran Juventus, Gianluigi Buffon menimbulkan kontroversi ketika menyapa penggemar Cina setelah semifinal Coppa Italia antara timnya dengan AC Milan. Candaannya tentang coronavirus juga dikecam.

Ada video yang beredar secara online terkait Buffon berada di zona campuran setelah pertandingan di San Siro. “Aku memperhatikanmu, eh? Corona, eh? Sial, apa kamu dari Wuhan? ” kata Buffon kepada penonton ketika orang-orang di sekitar mereka tertawa.

Dia kemudian menunjukkan bahwa itu bukan masalah dengan menyentuhkan kipas China di pipinya saat dia mengedipkan mata dan berjalan. Namun, itu sudah memicu kecaman di media sosial beberapa saat setelah video tersebut menyebar.

Banyak anggota komunitas Cina di Italia telah melaporkan peningkatan tajam dalam perilaku rasis pada mereka sejak ketakutan coronavirus meletus. Seperti diketahui, virus itu sudah menewaskan lebih 1000 orang di seluruh dunia dengan korban terbanyak berasal dari China.

Gelandang Tottenham Hotspur dan timnas Inggris Dele Alli sebelumnya juga dikecam setelah memposting video di akun Snapchat-nya di mana ia tampak mengolok-olok seorang pria Asia dan bercanda tentang coronavirus.

Alli pun segera menghapus video itu dan meminta maaf. Akan tetapi, postingan itu diyakini berbuntut panjang karena FA dilaporkan sedang menyelidikinya. Alli dilaporkan sejumlah media terancam sanksi denda dan larangan bermain seperti yang menimpa pemain Manchester City, Bernanrdo Silva, November lalu. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...