Ini Makanan yang Ampuh Mempercepat Kehamilan, Lengkap dengan Penjelasan Ahli

Minggu, 16 Februari 2020 12:18

ILUSTRASI

Apakah ada hubungannya obesitas dengan kesulitan untuk terjadinya kehamilan? Begitu pun sebaliknya, apakah ada hubungan underweight dengan kesulitan terjadinya kehamilan?

Kesehatan reproduksi berdampak negatif dengan peningkatan indeks massa tubuh (IMT)/obesitas dibandingkan dengan perempuan dengan IMT normal. Perempuan dengan IMT yang tinggi (obesitas ) berisiko 3x lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesuburan, ovulasi yang lebih rendah (menurunkan kualitas sel telur), angka kehamilan spontan yang lebih rendah (menurnkan kualitas embrio), dan meningkatnya risiko keguguran.

Perempuan dengan underweight diketahui berhubungan dengan banyak hal yang menggangu reproduksi, termasuk gangguan pada sekresi hormon seks yang rendah sehingga menyebangkan gangguan ovulasi, gangguan haid, dan nafsu seks yang rendah. Perempuan dengan underweight mempunyai risiko hampir dua kali lipat untuk mengalami gangguan kesuburan. Oleh karena itu, bila perempuan dengan underweight harus memperbaiki status gizinya untuk mengembalikan fungsi fertilitas dan dampak buruk lainnya dari IMT yang rendah.

Menjaga konsumsi makanan tujuannya adalah menyeimbangkan hormon untuk meningkatkan kesuburan, hormon apa saja yang perlu diperhatikan keseimbangannya?

Pada tubuh terdapat aksis hipotalamus – hipofisis – ovarium, aksis ini menghasilkan hormon gonadotropin yang berperan untuk merangsang pembentukan dan pematangan sel telur. Selain itu, hormone estrogen dan progesterone juga penting dalam mempersiapkan dinding rahim untuk menerima embrio untuk berimplantasi dan terjadi kehamilan. Bila salah satu dari hormone ini terganggu maka harus diperiksa apakah penyebab gangguan tersebut. Gangguannya bisa berupa karena nutrisi yang kurang baik atau terdapat gangguan pada fungsi organ tersebut sehingga penting sekali untuk memeriksakan diri ke dokter selain mengonsumsi makanan yang sehat karena untuk memastikan penyebab gangguan tersebut.

Komentar


VIDEO TERKINI