Ini Makanan yang Ampuh Mempercepat Kehamilan, Lengkap dengan Penjelasan Ahli

  • Bagikan
ILUSTRASI ibu hamil

Ada pun, mikronutrien terdiri dari:
• Asam folat
Kadar asam folat yang rendah dihubungkan dengan pembelah sel yang kurang baik, peningkatan kadar stress oksidatif, dan kematian sel. Hal – hal tersebut dapat menggangu proses perkembangan sel telur. Oleh karena itu penting sekali untuk mengkonsumsi makana yang mengandung asam folat (sayur – sayuran hijau, kacang – kacangan, biji-bijian dan buah beet) atau minum suplemen asam folat bila ingin hamil maupun bila sudah hamil.
• Vitamin D
Vitamin D berperan penting dalam reproduksi manusia. Kadar vitamin D yang rendah berhubungan dengan kadar hormone androgen yang tinggi pada perempuan dengan PCOS. Vitamin D pada perempuan di Indonesia sebagian besar terutama pada perempuan yang berhijab. Oleh karena itu, Suplementasi Vitamin D dibutuhkan. Vitamin D dapat diperoleh dengan berjemur pada sinar matahari pagi, dan makanan seperti minyak ikan Cod, Salmon, tuna, Sarden, hati sapi, dan jamur kancing.
• Besi
Zat Besi juga berperan penting dalam ovulasi. Pada perempuan dengan anemia defisiensi besi dan kadar ferritin yang rendah dijumpai pada perempuan dengan gangguan kesuburan. Makanan yang mengandung zat besi terdapat pada daging merah, kacang – kacangan, kuning telur, sayur berdaun gelap atau hijau.

Apakah ada hubungannya obesitas dengan kesulitan untuk terjadinya kehamilan? Begitu pun sebaliknya, apakah ada hubungan underweight dengan kesulitan terjadinya kehamilan?

Kesehatan reproduksi berdampak negatif dengan peningkatan indeks massa tubuh (IMT)/obesitas dibandingkan dengan perempuan dengan IMT normal. Perempuan dengan IMT yang tinggi (obesitas ) berisiko 3x lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesuburan, ovulasi yang lebih rendah (menurunkan kualitas sel telur), angka kehamilan spontan yang lebih rendah (menurnkan kualitas embrio), dan meningkatnya risiko keguguran.

  • Bagikan