Liverpool Akan Kunci Gelar Tercepat di Eropa, Liga Lain?

Minggu, 16 Februari 2020 21:06

Liverpool/FIFA via Getty Images

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool tak hanya akan mengakhiri dahaga gelar Premier League mereka yang sudah berjalan tiga dekade. The Reds juga hampir dipastikan akan menjadi klub pertama yang mengunci gelar liga di kompetisi domestik Eropa.

Saat ini, Liverpool sudah mengoleksi poin 76. Anak asuh Juergen Klopp unggul 25 poin di atas Manchester City. Dengan demikian, Liverpool hanya butuh lima kemenangan dari 12 laga terakhir mereka untuk memastikan diri sebagai kampiun liga.

Dengan tambahan 15 angka, Liverpool akan mengoleksi poin 91. Itu adalah titik aman mereka. Sebab, Manchester Biru maksimal hanya akan mengumpulkan poin 90 jika mampu memenangi 13 pertandingan terakhir mereka.

Jika bisa menyapu bersih lima laga, maka Liverpool akan mengunci gelar di markas Crystal Palace pada 21 Maret mendatang. Itu akan jadi keuntungan besar dan Liverpool bisa segera fokus bersaing di kompetisi lainnya, termasuk Liga Champions jika mereka bisa lolos ke delapan besar.

Di lima liga top Eropa (Liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, dan Prancis) sendiri, selain Liverpool, nyaris semua pemuncak klasemen masih bersaing sengit. Liga Italia dan Spanyol misalnya, dua tim peringkat teratas mengoleksi poin sama.

Sementara di Jerman, RB Leipzig yang jadi pemuncak klasemen hanya unggul tiga angka dari tim peringkat ketiga dan keempat Borussia Dortmund serta Borussia Monchengladbach. Bahkan, posisi mereka bisa disalip Bayern Munchen yang masih menyisakan satu laga lebih sedikit.

Khusus di Ligue 1 Prancis, Paris saint Germain (PSG) juga relatif cukup aman. PSG dengan poin 62 kini unggul 13 angka di atas tim peringkat kedua, Marseille. Namun, selisih itu bisa terpangkas jadi 10 poin sebab Marseille baru melakoni 24 pertandingan atau satu laga lebih sedikit dari PSG.

Selengkapnya, berikut klasemen lima liga top Eropa seperti dikutip dari situs resmi masing-masing:

Premier League Inggris

Liverpool         26        76

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI