Siaga Banjir, Relawan Dompet Dhuafa Sulsel Latihan Water Rescue

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Bencana banjir sendiri sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan diatas normal dan adanya pasang naik air laut. Disamping itu faktor ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan yang tidak tepat.

Merespon kesiapsiagaan banjir, Dompet Dhuafa sulsel melalui DDV melakukan pelatihan water rescue. Latihan yang diadakan sejak jumat (14/02) hingga ahad (16/02) ini diadakan di Kec. Tondang Tallasa, Kab. Pangkep. Pelatihan ini sangat dipriosritaskan karena para relawan ini adalah ujung tombak jika terjadi bencana. Selain dilatih secara khusus untuk assesment ke lokasi bencana, 30 orang relawan ini juga dilatih mengevakuasi korban yang berada di dalam air.

Menurut tim Dompet Dhuafa Sulsel, Syarif, pelatihan ini merupakan rangkaian dari proses open recruitment yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Sulsel di bidang kerelawanan atau DDV.

Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) sendiri merupakan progam yang menjadi wadah bagi masyarakat yang tergerak dalam misi kemanusiaan. Para relawan yang bergabung juga akan mendapatkan info-info terbaru tentang program atau kegiatan Dompet Dhuafa Sulsel. (rls)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar