Daeng Ical Pacu Semangat Pekerja Bongkar Muat

Senin, 17 Februari 2020 17:50

Daeng Ical menjadi pembicara dalam seminar terbatas Musyawarah Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Utama Makassar.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Dr. Syamsu Rizal, M.Si atau Daeng Ical menjadi pembicara dalam seminar terbatas Musyawarah Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan Utama Makassar. 

Di hadapan para pekerja bongkar muat ini kandidat bakal calon wali kota Makassar ini banyak menjelaskan peluang dan tantangan dalam perkembangan industri 4.0 saat ini. 

Daeng Ical menjelaskan bahwa Perjanjian CAFTA, dan Masyarakat Ekonomi ASEAN sebenarnya bukan ancaman bagi dunia kerja Indonesia, melainkan sebuah peluang yang harus dimanfaatkan. Apalagi melihat ada 11 persen dari total penduduk Indonesia yang merupakan angkatan kerja. 

“Banyak kekhawatiran nantinya kita akan digantikan dengan robot maupun pekerja asing, justru kita diuntungkan karena angkatan kerja kita banyak. Jadi yg harus kita lakukan ialah mengerti aturan-aturan yang mengatur tentang itu,” tutur Daeng Ical di Hotel Grand Populer, Senin, 17 Februari. 

Daeng Ical melanjutkan, Justru hari ini para pekerja, buruh banyak diuntungkan karena aturan yang semakin tegas terkait dengan jam kerja serta aturan kesejahteraan pekerja.

“Bersyukurlah kita para pekerja buruh karena diuntungkan karena jam kerja kita cuma delapan jam dibandingkan jenis pekerjaan lain setiap waktu harus terganggu dengan pekerjaan, jadi banyak waktu luang untuk keluarga dan beraktivitas di bidang lain,” paparnya. (rls-abd)

Komentar