Inisiasi Penanaman 180.000 Bibit Vetiver, Bupati Gowa Terima Rekor LEPRID

Senin, 17 Februari 2020 17:05

Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) mengganjar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dengan rekor.

FAJAR.CO.ID,SUNGGUMINASA– Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) mengganjar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dengan rekor.

Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum LEPRID, Paulus Pangka kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Senin (17/2).

Paulus mengatakan bahwa rekor tersebut berikan atas inisiasi Pemkab Gowa melakukan penanaman massal bibit Vitever di wilayah Kabupaten Gowa. Pemkab Gowa melakukan penanaman vetiver di 11 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

“LEPRID datang ke Kabupaten Gowa untuk memberikan penghargaan apresiasi kepada pemerintah dan juga masyarakat Kabupaten Gowa yang hari ini secara serentak di 71 desa/kelurahan di 11 kecamatan melakukan penanaman vetiver atau akar wangi sebanyak kurang lebih 180 ribu” ujarnya.

Selain itu, Paulus mengatakan Gowa juga merupakan Kabupaten pertama di Indonesia yang melakukan penanaman vetiver secara serentak dengan melibatkan sekitar 22 ribu orang dengan yang terdiri dari masyarakat, ASN, TNI-Polri, PKK, pelajar dan mahasiswa.

“Ini baru pertama kali penanamannya secara massal dan akan diikuti oleh kota-kota lain di seluruh Indonesia karena ini merupakan program nasional yang telah dicanangkan oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo beberapa bulan lalu,” lanjutnya.

Dijelaskannya lagi bahwa 180.000 vetiver yang ditanam ini dapat menjadi pengikat tanah sehingga akan mengurangi potensi terjadinya longsor. Akar tanaman vetiver dianggap mampu menjadi pengikat di kemiringan tanah.

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI