Kongres Demokrat, AHY Bakal Jadi Calon Tunggal

Senin, 17 Februari 2020 10:10

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kongres Partai Demokrat 2020 bakal menandai regenerasi kepemimpinan partai berlambang bintang Mercy itu. Ketua Umum (Ketum) Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diprediksi menanggalkan jabatannya. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang kini menjabat wakil ketua umum diproyeksi menjadi penggantinya.

”Mudah-mudahan ada leader baru yang muncul setelah Pak SBY,” kata Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan dalam sebuah diskusi di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, kemarin (16/2).

Dia tidak menampik bahwa AHY bakal menggantikan ayahnya. Bahkan, AHY diprediksi menjadi calon ketua umum (caketum) tunggal. Terkait hal itu, Syarief belum bisa memastikan.

Menurut dia, ada atau tidaknya calon ketua umum selain AHY sangat bergantung pada aspirasi dari DPD tingkat provinsi dan DPC kabupaten/kota. ’’Kita lihat nanti. Apakah beliau calon tunggal atau ada persaingan (sebagai calon ketua umum, Red),” paparnya.

Syarief mengakui, saat ini AHY sangat rajin berkeliling ke daerah. Tujuannya, melakukan konsolidasi dengan DPD dan DPC seluruh Indonesia. Diharapkan dengan konsolidasi tersebut, para kader bisa memahami kualitas kepemimpinan putra sulung SBY itu. ”Saya kira semakin banyak tokoh yang muncul, Demokrat akan makin bagus,” ujar wakil ketua MPR itu.

Soal jadwal kongres, Syarief menyampaikan bahwa siklus normal kongres Demokrat selalu berlangsung Mei. Namun, tidak tertutup kemungkinan momen lima tahunan itu dimajukan ke Maret atau April. ’’Sampai sekarang belum ada pembicaraan yang spesifik,” ucapnya.

Komentar


VIDEO TERKINI