Politikus PAN Sebut Wajar Kepuasan terhadap Ma’ruf Amin Rendah


FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Dalam survei yang dilakukan Indobarometer, tingkat kepuasan publik terha‎dap Wakil Presiden Ma’ruf Amin hanya sebesar 49,6 persen. Hal ini pun ditanggapi oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Wakil Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay, menilai wajar tingkat kepuasan publik terhadap Ma’ruf ‎ Amin kecil. Hal ini duga karena jarangnya muncul ke publik dibandingkan dengan menteri-menteri Joko Widodo (Jokowi).

“Kalau mau jujur, Ma’ruf Amin bisa jadi lebih jarang muncul dibandingkan dengan beberapa menteri yang ada. Katakanlah, misalnya, seperti menteri BUMN, menteri PUPR, Pertanian, perhubungan, dan lain-lain. Mungkin karena memang Ma’ruf tidak terlibat langsung dalam eksekusi program-program yang ada,” ujar Saleh kepada wartawan, Senin (17/2).

Namun demikian, Saleh menduga tingkat kepuasan publik tidak besar, karena Ma’ruf Amin jarang terekspose. Atau kemungkinan sudah melakukan pembagian tugas kepada Presiden Jokowi.

“Mungkin sudah bagi tugas dengan presiden. Saya dengar, salah satu tugas wakil presiden adalah fokus dalam bidang program deradikalisasi. Kalau itu, tentu porsinya sangat sedikit,” katanya.

Adapun, dalam survei Indo Barometer, menyatakan tingkat kepuasan masyarakat antara Jokowi dan Ma’ruf Amin cukup jomplang. Dari 1.200 responden yang disurvei, sekitar 49,6 persen publik puas dengan kinerja Ma’ruf. Sedangkan 37,5 persen tidak puas, dan 12,9 persen tidak menjawab.

Sedangkan 70,1 persen publik puas dengan kinerja Presiden Jokowi, 27,4 persen tidak puas, dan 2,6 persen menyatakan tidak menjawab.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar