Sekjen PMI Sudirman Said: Kohesi Sosial Perkuat Ketahanan Sosial

Senin, 17 Februari 2020 13:40

FAJAR.CO.ID, AMBON — Penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan sangat penting artinya untuk menguatkan ikatan atau kohesi sosial. Dan kohesi sosial yang kuat akan memperkokoh ketahanan sosial.

Sekjen PMI Sudirman Said mengungkapkan hal itu pada pembukaan Seminar dan Rapat Kerja Komite Palang Merah Internasional (The International Committee of Red Cross/ICRC) bertema Nilai-Nilai Kemanusiaan; Menemukan Kerangka Indonesia Dalam Perlindungan dan Pemajuan Harkat Martabat Manusia, Senin (17/2/2020) di Universitas Pattimura, Ambon.

“Nilai-nilai kemanusiaan adalah rumusan yang luhur. Ini harus terus disosialisasikan agar muncul kesadaran pentingnya nilai-nilai itu untuk memperkuat ikatan sosial di masyarakat,” kata Sudirman.

Karena itu, PMI memberikan dukungan penuh kepada ICRC untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi nilai-nilai kemanusian ke berbagai daerah di Indonesia dalam kegiatan bertajuk Principles of Humanity Project.

“Karena pentingnya kegiatan ini, PMI mendukung dan siap mendampingi ICRC untuk sosialisasi kegiatan ini ke berbagai daerah,” lanjut Sudirman.

Sudirman menyampaikan, pada dasarnya tidak ada manusia yang ingin berkonflik. Umumnya manusia adalah mahluk sosial yang ingin kedamaian, keamanan, bisa saling bekerjasama satu dengan lainnya sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan yang ada.

“Penting untuk mendorong sosialisasi nilai-nilai kemanusiaan ini agar terjalin kohesi sosial yang kuat, yang pada gilirannya akan memperkuat ketahanan sosial di masyarakat kita,” urai Sudirman lagi.

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI