Survei Kinerja Prabowo Paling Moncer, Respons Komisi I DPR Begini

Kinerja dan popularitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut paling moncer. Hal itu berdasar pada Survei Indo Barometer yang mengulas kinerja 100 hari Pemerintahan Jokowi - Ma'ruf. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Kinerja dan popularitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut paling moncer. Hal itu berdasar pada Survei Indo Barometer yang mengulas kinerja 100 hari Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi I DPR yang juga merupakan mitra kerja Kementerian Pertahanan, Christina Aryani mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan penilaian terhadap Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Karena DPR perlu melihat rencana dan program kerja Prabowo‎ Subianto sudah direalisasikan atau belum.

“Kita baru bisa memberikan peniliaian jika rencana itu sudah direalisasikan. Kalau belum yang masih sulit dilakukan penilaian dan ini kan masih berjalan,” ujar Christina Aryani di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/2).

Namun demikian, Christina menilai Prabowo Subianto merupakan pembantu presiden yang cukup baik dalam menjalankan diplomasi di bidang pertahanan. Hal ini terlihat dari beberapa kali Prabowo berkunjung ke luar negeri untuk membahas masalah pertahanan.

“Sejauh itu nilainya baik-baik saja. Tapi kita belum nilai,” katanya.

Politikus perempuan Partai Golkar ini menambahkan mengenai Prabowo Subianto yang dianggap populer. Menurut Christina hal itu karena efek yang didapat dari perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

‎”Pasti lah karena sebelumnya sempat nyapres pasti populer dibanding dengan yang tidak dikenal publik,” pungkasnya.

‎Diketahui, Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari ‎mengatakan, survei yang dilakukan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto adalah menteri yang paling dikenal publik.

Dari total 1.200 responden, sebanyak 18,4 persen memilih Prabowo Subianto.‎ Menteri yang paling dikenal kedua, yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dipilih oleh 10,6 persen responden, disusul Menteri BUMN Erick Thohir dipilih 8,2 persen dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD yang dipilih 7,9 persen responden.

Tidak hanya sebagai menteri yang paling dikenal publik, Prabowo Subianto rupanya juga dinilai responden sebagai menteri dengan kinerja terbaik.‎ Survei nasional ini dilakukan selama 9-15 Januari 2020 dengan total 1.200 responden yang dipilih secara multistage random sampling.

Survei ini dilakukan Indo Barometer jelang 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Responden terdiri dari warga negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki hak pilih, yaitu minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei tersebut sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad

Comment

Loading...