Guru Besar Ke-400 dan 401 Unhas Dikukuhkan, Keduanya Dosen FKG

Selasa, 18 Februari 2020 21:07

FOTO: ISTIMEWA

Adapun jabatan Professor dengan nomor keanggotaan 401 adalah Prof. Dr. drg. Asmawati Amin, M.Kes. Beliau dikukuhkan sebagai Professor bidang Ilmu Biologi Oral, FKG Unhas. Prof. Asmawati lahir dan besar di Ujung Pandang, merupakan dosen tetap FKG Unhas.

Prof. Dr. drg. Mardiana Andi Adam, MS

Dalam pidato pengukuhannya, Prof. Mardiana menyampaukan pidato berjudul “Pengaruh Fluoride Pada Penyakit Periodontal: Dalam Tinjauan Aspek Sosiodemografi dan Lingkungan”.

Prof Mardiana menjelaskan bahwa penyakit periodontal merupakan salah satu penyakit pada rongga mulut yang sering terjadi pada manusia. Penyakit ini ditandai dengan adanya inflamasi gingiva, saku gusi (periodontal pocket) dan resesi gingiva. Kondisi ini muncul karena akumulasi plak yang mengalami remineralisasi menjadi kalkulus yang menyebabkan penyakit periodontal.

Fluoride memiliki efek menguntungkan pada gigi dengan konsentrasi rendah dalam air minum yakni dapat menguatkan struktur gigi. Akan tetapi, paparan berlebihan fluoride dapat menimbulkan efek samping.

“Fluoride tinggi berhubungan dengan periodontitis, terutama pada kasus periodontitis berat. Fluoride menyebabkan degenerasi progresif jaringan periodontol sehingga menghasilkan progresivitas penyakit periodontol dan hilangnya gigi dalam jumlah besar,” kata Prof. Mardiana.

Terdapat perbedaan efek fluoride pada gigi setiap orang yang berada di wilayah fluoride tinggi. Faktor geologi tempat tinggal, status gizi dan aktivitas tubuh seseorang merupakan faktor yang berperan dan mempengaruhi tingkat kerusakan gigi yang disebabkan fluoride.

Komentar


VIDEO TERKINI