Guru Besar Ke-400 dan 401 Unhas Dikukuhkan, Keduanya Dosen FKG

Selasa, 18 Februari 2020 21:07

FOTO: ISTIMEWA

Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa fluoride dapat meningkatkan remineralisasi jaringan keras gigi, dan mencegah demineralisasi dan karies gigi. Pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mengurangi jumlah bakteri, plak dan gingivitis. Fluoride dapat meningkatkan efek pada penghambatan pembentukan plak dan proses kerusakan gigi, mengurangi produksi asam pada plak dan mencegah gingivitis.

“Konsumsi kadar fluoride yang tinggi menyebabkan perubahan hidroksiapatit menjadi fluorapatit (terutama di akar gigi), sehingga periodonsium tahan terhadap kerusakan lebih lanjut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa periodontitis menyerap kalsium, fosfor dan fluoride ke dalam akar gigi dan tulang pendukung gigi. Hal ini dapat mengganggu metabolisme plak pada gigi dan perkembangan proses periodontitis. Konsumsi fluoride yang berlebihan dapat mengubah keseimbangan pembuluh darah jaringan periodontol sehingga dapat mengganggu pemeliharaan kesehatan periodontal,” kata Prof Mardiana.

Prof. Dr. drg. Asmawati Amin, M. Kes.

Dalam pidato pengukuhannya, Prof Asmawati memaparkan tentang penelitian yang berjudul “Saliva Sebagai Fungsi Pertahanan Rongga Mulut dan Biomarker Status Kesehatan Tubuh (Harapan dan Tantangan)”.

Prof Asmawati menuturkan bahwa saliva atau cairan rongga mulut (air ludah) sangat berperan penting dalam menjaga kondisi lingkungan rongga mulut yang seimbang dan menjaga mukosa dari serangan mikroorganisme serta dapat berfungsi sebagai cairan pelumas atau lubrikasi yang melindungi mukosa terhadap iritasi mekanis, kimiawi dan termis.

Komentar


VIDEO TERKINI