Preview Atletico vs Liverpool: Kandang Keramat

0 Komentar

Alvaro Morata merayakan golnya ke gawang Barcelona/Atletico Madrid

FAJAR.CO.ID, MADRID—Liverpool akan melanjutkan usaha mempertahankan gelar Liga Champions yang mereka raih musim lalu menghadapi Atletico Madrid di leg pertama babak 16 besar, dinihari nanti. Jika melihat rekor kandang sang lawan, tidak akan mudah bagi Liverpool untuk menaklukkan Los Rojiblancos.

Semenjak ditangani Diego Simeone, kandang Atletico memang terbilang keramat bagi lawan mana pun. Klub ibu kota Spanyol itu tidak sekali pun menelan kekalahan di kandang sendiri di bawah Simeone di babak sistem gugur Liga Champions.

Dalam 12 pertandingan, mereka tercatat menang delapan kali dan imbang empat kali. Senjata utama mereka adalah pertahanan yang sangat tangguh. Mereka hanya kebobolan dua gol dalam 12 laga kandang tersebut.

Sebaliknya, Liverpool memiliki catatan buruk berkunjung ke Spanyol. Si Merah dalam lima away terakhir pulang tanpa kemenangan. Hasil terbaik mereka hanya berupa satu hasil imbang. Terakhir mereka menang di Spanyol ketika menekuk Real Madrid dengan skor tipis 1-0 di babak 16 Liga Champions 2008/2009.

Atletico sendiri dipastikan akan habis-habisan untuk mempertahankan rekor bagus mereka sekaligus memperpanjang rentetan tandang tanpa kemenangan Liverpool. Itu karena Liga Champions kemungkinan akan menjadi usaha terakhir mereka untuk meraih gelar musim ini.

Sebelumnya, Atletico sudah gagal juara di Piala Super Spanyol setelah dikalahkan Real. Mereka juga sudah tersingkir di Copa del Rey. Sementara di La Liga, mereka kini tertinggal cukup jauh dari Real dan Barcelona.

Bermodal hasil imbang 2-2 di markas Valencia, pekan lalu, skuat asuhan Simeone cukup percaya diri menyambut kedatangan The Reds di Wanda Metropolitano. “Pertandingan itu memberi kami kepercayaan diri menjelang pertandingan Selasa (Rabu) yang sangat penting,” kata gelandang Atletico, Marcos Llorente di situs resmi klub.

Saul Niguez yang kemungkinan akan diplot sebagai bek kiri untuk menangkal pergerakan Mohamed Salah menegaskan, mereka harus yakin bisa bersaing menghadapi Liverpool. “Kita harus memiliki pertunjukan yang bagus, dan saya yakin bahwa jika kita melakukan itu, kita akan memiliki kemungkinan untuk lolos,” kata Saul di FOX Sports.

Diego Simeone kemungkinan akan kembali memainkan Alvaro Morata sebagai bomber utama. Alternatif lain ketika mereka menemui jalan buntu menembus pertahanan Liverpool adalah menurunkan Diego Costa yang juga sudah pulih dari cedera.

Bek Jose Gimenez dan Santiago Arias juga sudah kembali dari cedera. Meski begitu, Simeone masih memiliki keraguan terkait kondisi Joao Felix. Penyerang Portugal belum berlatih karena infeksi tenggorokan. Selain itu, Kieran Trippier dan Hector Herrera juga masih meragukan bisa tampil.

Di kubu Liverpool, manajer Juergen Klopp sadar beratnya ujian di Wanda Metropolitano. Menurutnya, kekuatan terbesar calon lawan mereka adalah pertahanan yang sangat kokoh. “Perbedaan gol mereka (di La Liga) adalah hanya mencetak 25. Itu tidak terlalu banyak, tetapi kebobolan mereka juga hanya 17, sangat sedikit,” kata Klopp kepada Mirror.

Tapi, catatan gol yang minim tuan rumah tak lantas membuat Klopp meremehkan serangan lawan. Kendati berurusan dengan banyak cedera beberapa pekan terakhir, Klopp yakin Atletico akan turun dengan kekuatan terbaiknya di lini serang.

“Mereka memiliki masalah cedera yang masif dalam beberapa pekan terakhir, banyak striker yang hilang. Tapi Morata ada di bench (melawan Valencia pada hari Jumat), saya mendengar Costa juga sudah kembali berlatih dan Joao Felix saya cukup yakin juga siap,” tegasnya.

Di luar kondisi tim dimana Liverpool dipastikan hanya akan kehilangan Nathaniel Clyne, manajer asal Jerman itu sepenuhnya hormat pada Atletico. Khususnya pada kemampuan Simeone. “Saya sangat menghormati Simeone. Ia mencoba segalanya. Kami memiliki kisah sedikit serupa,” ujar Klopp.

Gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum mengamini pernyataan pelatihnya. Ia mengatakan, Liverpool dan Atletico memiliki kesamaan gaya. “Mereka sangat mirip dengan kita, pejuang. Mereka adalah tim yang kurang lebih seperti kita, juga sangat sulit dikalahkan,” kata pemain internasional Belanda itu kepada UEFA.

Kedua klub sudah bertemu empat kali di kompetisi UEFA. Hasilnya sangat berimbang, masing-masing menang sekali dan imbang dua kali. Pada pertemuan terakhir di Anfield, 30 April 2010 silam, Liverpool menang 2-1. Sementara duel teranyar di Madrid pada 23 April 2010 dimenangi Atletico dengan skor 1-0. (amr)

Prakiraan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak; Arias, Savic, Felipe, Saul; Koke, Thomas, Llorente, Vitolo; Correa, Morata

Pelatih: Diego Simeone.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Arnold, Van Dijk, Gomez, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane

Pelatih: Jurgen Klopp.

Head to head

30/04/10 Liverpool 2-1 Atletico Madrid

23/04/10 Atletico Madrid 1-0 Liverpool

05/11/08 Liverpool 1-1 Atletico Madrid

23/10/08 Atletico Madrid 1-1 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Atletico Madrid

15/02/20 Valencia 2-2 Atletico Madrid

09/02/20 Atletico Madrid 1-0 Granada

01/02/20 Real Madrid 1-0 Atletico Madrid

26/01/20 Atletico Madrid 0-0 Leganes

24/01/20 Leonesa 2-1 Atletico Madrid

Lima pertandingan terakhir Liverpool

16/02/20 Norwich City 0-1 Liverpool

05/02/20 Liverpool 1-0 Shrewsbury

01/02/20 Liverpool 4-0 Southampton

30/01/20 West Ham 0-2 Liverpool

27/01/20 Shrewsbury 2-2 Liverpool

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...