Preview Dortmund vs PSG: Horor Haaland

0 Komentar

Erling Haaland (kuning)/Getty Images

FAJAR.CO.ID, DORTMUND—Borussia Dortmund akan menjamu Paris saint Germain (PSG) di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, dinihari nanti. Striker remaja, Erling Haaland menjadi sorotan utama duel ini.

PENAMPILAN luar biasa yang ia tunjukkan sejak awal musim membuat Haaland menjadi perbincangan jelang pertandingan ini. Dengan sembilan gol yang ia lesakkan dalam enam laga bersama Die Borussen, ia dianggap sebagai horor bagi lawan manapun.

Bek PSG, Thiago Silva yang akan menjadi pengawal Haaland di Signal Iduna Park, dinihari nanti mengatakan, motivasi penyerang 19 tahun itu bisa menjadi bahaya bagi siapapun. Dengan rata-rata satu gol setiap 38,8 menit, Haaland yang dibeli dari Salzburg Januari lalu menurut Silva sangat mematikan.


“Dia mencetak banyak gol. Sembilan gol dalam enam pertandingan, itu luar biasa, itu sangat besar.  Kami akan berhati-hati dan berharap ia tidak akan mencetak gol melawan kami. Tetapi bagi kami, luar biasa untuk bermain melawan pemain seperti itu, terutama karena ia baru memulai kariernya. Dia sangat termotivasi, begitu juga PSG,” kata Silva kepada RMC Sport.

Meskipun mengakui bakat luar biasa Haaland yang mencetak satu gol dalam kemenangan 4-0 Dortmund atas Eintracht Frankfurt akhir pekan lalu, bek Brasil itu menegaskan tidak takut. Jika bisa bekerja sama dengan baik, Silva yakin mereka bisa membuat pertandingan bagus di Dortmund.

“Apakah kita takut? Kita tidak takut, tetapi kita memiliki banyak rasa hormat. Saya melihat pertandingan (melawan Eintracht), mereka memiliki banyak kualitas di depan. Mereka mencetak empat gol, dengan teknik luar biasa, gerakan yang sulit untuk dilakukan,” tandasnya.

Tak hanya Haaland, PSG juga mewaspadai Jadon Sancho. Winger Inggris berusia 19 tahun itu telah mencetak 12 gol dan memberi 13 assist di Bundesliga musim ini. Kombinasinya dengan Haaland di lini serang jelas tidak bisa diremehkan PSG.

“Jadon adalah pemain hebat dengan banyak kualitas. Kita semua tahu betapa sulitnya bagi kita di sini, di Dortmund. Tapi, kami berharap memainkan permainan yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik,” ujar Neymar di Sky Sport.

Berkaca pada pertandingan terakhir kontra Amiens di Ligue 1 yang berakhir 4-4, tim tamu memang perlu esktra waspada. Dengan usia Silva yang sudah 35 tahun, ia terlihat kerepotan di laga itu. Dan ancaman lebih besar pada barisan pertahanan mereka pasti menunggu PSG di Dortmund.

Selain kekhawatiran pada benteng pertahanan, fans PSG juga mencemaskan lini serang. Neymar sejauh ini telah melewatkan empat pertandingan karena cedera tulang rusuk. Namun, Pelatih PSG, Thomas Tuchel memastikan Neymar akan bermain bersama Kylian Mbappe yang memang sangat dibutuhkan PSG untuk menutupi rapuhnya pertahanan mereka.

“Dia pasti akan berada di Dortmund, tetapi mungkin tidak dalam performa terbaiknya seperti dua minggu lalu. Saya ingin dia bermain sepanjang waktu, tetapi pada akhirnya, kami harus membuat keputusan yang sangat jelas,” kata Tuchel di Goal.


Memiliki barisan depan yang sedang on fire dan akan bermain di depan pendukung sendiri, kubu Dortmund sangat percaya diri bisa meraih hasil bagus di leg pertama ini. Kapten kedua Dortmund, Mats Hummels mengatakan, The Black & Yellows saat ini bisa mengalahkan siapapun.

“Kita memiliki peluang yang sangat baik jika kita menunjukkan tingkat konsentrasi dengan atau tanpa bola. Jika kami memberikan segalanya di lapangan, kami memiliki peluang yang sangat bagus. Dan PSG pasti tahu apa yang akan mereka hadapi di sini,” kata Hummels di situs resmi Dortmund.

Kemenangan 4-0 atas Eintracht Frankfurt menjadi modal bagus Dortmund untuk laga ini. Itu kemenangan ke-12 mereka di Signal Iduna Park dalam 16 pertandingan kandang beruntun. “Kami menghadapi kaliber berbeda pada hari Selasa (Rabu).  Tapi kami akan siap,” tegas bek, Lukasz Piszczek.

Kiper Dortmund, Roman Burki menambahkan, dengan performa yang mereka tunjukkan di fase grup, ia sangat yakin bisa mengalahkan PSG. “Kami juga bermain melawan tim top lain, Barcelona dan hampir tidak melakukan apa-apa. Kami memiliki skuat yang sangat bagus. Kami penuh dengan optimisme dan penuh kepercayaan diri,” tandasnya.

Pelatih Dortmund, Lucien Favre tanpa Marco Reus dan Thomas Delaney akibat cedera. Julian Brandt juga diragukan setelah absen menghadapi Eintracht Frankfurt karena masalah pergelangan kaki. Sementara PSG, mereka dipastikan kehilangan Abdou Diallo. (amr)

Prakiraan Pemain

Borussia Dortmund (3-4-4): Burki; Piszczek, Hummels, Zagadou; Hakimi, Witsel, Can, Guerreiro; Hazard, Sancho, Haaland
PSG (4-2-3-1): Navas; Meunier, Marquinhos, Silva, Kurzawa; Verratti, Gueye; Di Maria, Neymar, Mbappe; Icardi

Head to head

04/11/10 PSG 0-0 Borussia Dortmund
21/10/10 Borussia Dortmund 1-1 PSG
Lima pertandingan terakhir Borussia Dortmund
14/02/20 Borussia Dortmund 4-0 Eintracht Frankfurt
08/02/20 Bayer Leverkusen 4-3 Borussia Dortmund
04/02/20 Werder Bremen 3-2 Borussia Dortmund
01/02/20 Borussia Dortmund 5-0 Union Berlin
24/01/20 Borussia Dortmund 5-1 FC Koln

Lima pertandingan terakhir PSG
15/02/20 Amiens 4-4 PSG
12/02/20 Dijon 1-6 PSG
09/02/20 PSG 4-2 Lyon
04/02/20 Nantes 1-2 PSG
01/02/20 PSG 5-0 Montpellier

Top skor

Erling Haaland: 8 (bersama Salzburg di fase grup)

Achraf Hakimi: 4
Jadon Sancho: 2

Top assist

Julian Brandt: 3

Jadon Sancho: 2
Marco Reus: 2

PSG

Top skor

Kylian Mbappe: 5

Mauro Icardi: 5

Angel Di Maria: 2

Top assist

Kylian Mbappe: 3

Angel Di Maria: 3

Neymar: 2

STATISTIK LIGA CHAMPIONS

Borussia Dortmund (Jerman)
Peringkat UEFA: 14

Penyisihan grup: menang 3, imbang 1, kalah 2. Gol 8, kebobolan 8
Pencetak gol terbanyak: Achraf Hakimi (4)
Prestasi musim lalu: babak 16 besar
Prestasi Terbaik: 1 juara (1997)

PSG (Prancis)
Peringkat UEFA: 7

Penyisihan grup: menang 5, imbang 1, kalah 0. Gol 17, kebobolan 2
Pencetak gol terbanyak: Mauro Icardi, Kylian Mbappé (5)
Prestasi musim lalu: babak 16 besar
Prestasi terbaik: semi final (1995)

FAKTA KUNCI

Dortmund tak terkalahkan di kandang dalam 16 laga terakhir mereka di semua kompetisi (12 menang). Mereka total mencetak 49 gol dan kebobolan 14 kali.
PSG tidak kebobolan dalam 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.
PSG memenangkan 5 dari 6 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.
Pelatih Paris Thomas Tuchel bertanggung jawab atas Dortmund antara 2015 dan 2017, memenangkan Piala Jerman 2016/17.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...