Preview Atalanta vs Valencia: Gairah Debutan

0 Komentar

Pemain Atalanta merayakan gol mereka ke gawang Shakhtar Donetskdi fase grup Liga Champions/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MILAN—Atalanta berambisi melanjutkan kejutan mereka saat menjamu Valencia di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Sang debutan sangat bergairah dan bertekad melumat El Che di San Siro, dinihari nanti.

STATUS debutan sama sekali tidak membuat La Dea, julukan Atalanta minder. Meski ini menjadi pengalaman pertamanya di Liga Champions, mereka cukup percaya diri menyambut kedatangan Kelelawar Mestalla.

Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini menegaskan, Valencia memang lebih difavoritkan. Namun, dengan dukungan penuh suporter fanatik mereka, Atalanta akan bertarung di Milan untuk mengalahkan Valencia.

Bagi Gasperini, pemainnya sama sekali tidak terbebani. Sebaliknya, mereka akan berusaha menikmati laga ini bersama suporter mereka. “Ini tidak akan mudah, Valencia memiliki banyak kualitas. Kami akan pergi ke San Siro dengan 40.000 orang, kami harus menikmatinya,” tegas Gasperini di DAZN.

“Apa yang kami alami bersama para penggemar kami terus terang jarang terjadi di Italia. Kami berharap melihat tingkat gairah ini lagi pada hari Rabu (Kamis) melawan Valencia, di mana seluruh kota praktis bepergian ke Milan untuk pertandingan Liga Champions,” lanjutnya.

Dengan dukungan besar, pelatih veteran itu percaya anak asuhnya akan memiliki bahan bakar ekstra. “Kami dapat kembali ke Liga Champions dan kita bisa bertarung melawan siapa pun,” tegas Gasperini dikutip dari Football Italia.

Sebagai persiapan pertandingan, Gasperini yang pekan lalu memimpin timnya mengalahkan AS Roma sudah mempelajari kekuatan sang tamu. “Saya menyaksikan beberapa pertandingan mereka, terutama melawan Barcelona dan Atletico Madrid. Ini adalah ujian yang sulit,” ujarnya.

Pemain Atalanta, Alejandro ‘Papu’ Gomez menambahkan, comeback melawan Roma menjadi modal bagus timnya. “Rabu (Kamis) harus menjadi malam yang hebat, kami berharap untuk mendapatkan hasil yang baik sehingga kami bisa bertarung untuk kualifikasi di Valencia,” jelas Gomez.

Pada pertandingan ini, Gomez diprediksi akan kembali memainkan peran sebagai playmaker. Ia akan mensupport duet Josip Ilicic dan Duvan Zapata. Opsi lain di lini serang adalah Mario Pasalic yang mencetak gol 19 detik sebagai pemain pengganti menghadapi Roma.

Di kubu Valencia, pelatih Albert Celades dan anak asuhnya tak ingin gegabah dengan pengalaman dan status favorit yang mereka miliki. Bek Valencia, Eliaquim Mangala menegaskan, semua tim punya peluang lolos dan mereka harus memberi respek pada Valencia.

“Detail membuat perbedaan untuk jenis pertandingan seperti yang akan kita hadapi melawan Atalanta. Setiap tim memiliki momennya masing-masing dan Anda harus siap. Mentalitas adalah kuncinya,” tegasnya di situs resmi Valencia.

Penyerang Valencia, Goncalo Guedes menyampaikan warning sama. “Kita tahu bahwa persaingan tidak akan mudah, ini adalah kompetisi yang paling sulit di Eropa dan semua orang ingin bermain. Kami akan mencoba untuk menang dan membuat permainan hebat,” ujarnya.

Ini kali pertama Valencia lolos ke babak 16 besar dalam tujuh musim terakhir. Makanya, Guedes berharap kesempatan ini mereka maksimalkan. “Tidak mudah untuk sampai di sini. Setelah melewati babak penyisihan grup, yang sangat ketat, kita harus memanfaatkannya. Jika kami berada di level terbaik, kami berpeluang lolos,” kuncinya.

Tuan rumah tanpa masalah cedera dan sanksi di laga ini. Sebaliknya, Valencia dipastikan tanpa Ezequiel Garay, Manu Vallejo, Cristiano Piccini, dan Gabriel Paulista. Selain itu, Rodrigo Moreno dan Francis Coquelin juga diragukan bisa bermain. (amr)

Susunan Pemain

Atalanta (3-4-1-2): Gollini; Toloi, Palomino, Djimsiti; Hateboer, Roon, Freuler, Gosens; Gomez; Zapata, Ilicic
Valencia (4-4-2): Cillessen; Florenzi, Diakhaby, Mangala, Gaya; Torres, Parejo, Kondogbia, Soler; Gomez, Guedes

Head to head
11/08/17 Valencia 1-2 Atalanta

Lima pertandingan terakhir Atalanta
15/02/20 Atalanta 2-1 AS Roma
08/02/20 Fiorentina 1-2 Atalanta
02/02/20 Atalanta 2-2 Genoa
25/01/20 Torino 0-7 Atalanta
20/01/20 Atalanta 1-2 SPAL 2013
Lima pertandingan terakhir Valencia

14/02/20 Valencia 2-2 Atletico Madrid
08/02/20 Getafe 3-0 Valencia
04/02/20 Granada 2-1 Valencia
01/02/20 Valencia 1-0 Celtic Vigo
29/01/20 Leonesa 0-0 Valencia

Perbandingan Kekuatan

Atalanta

Peringkat UEFA: 56
Rekor penyisihan grup: menang 2, imbang 1, kalah 3, gol 8, kebobolan 12
Pencetak gol terbanyak: Mario Pasalic (2)
Prestasi musim lalu: playoff Liga Europa
Prestasi terbaik: babak 16 besar (2020)

Valencia
Peringkat UEFA: 25
Rekor penyisihan grup: menang 3, imbang 2, kalah 1, gol 9, kebobolan 7
Pencetak gol terbanyak: Rodrigo (2)
Prestasi musim lalu: penyisihan grup Liga Champions (semi-final Liga Europa)
Prestasi terbaik: runner-up (2000, 2001)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...