Taiwan-Indoensia Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Sosial

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kepala Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei Di Jakarta, Jhon C Chen, berharap hubungan Taiwan dengan Pemerintah Indonesia bisa terus berlanjut. Kerja sama harus terjalin baik.

“Selama ini Pemerintah Indonesia sudah banyak bekerjasama dengan Taiwan, kami berharap di pemerintahan Jokowi Ma”ruf bisa lebih baik lagi,” ungkapnya di Kantor Taipei Economic and Trade Office (Teto). Gedung Artha Graha kompleks SCBD.

Perwakilan Institut L9 di Taiwan, Richard mengatakan, selain pihak kantor dagang dan ekonomi Teipei, hadir pula Ketua Umum Institut L9 HM Alwi Hamu beserta Staf Khusus Wapres Sukriansyah S Latief. Kata dia, pertemuan tersebut membahas kerja sama Taiwan dan Indonesia baik dari sisi ekonomi dan sosial.

Dia menjelaskan, ada beberapa platform perencanaan yang menjadi penjajakan kerja sama antara Indonesia san Taiwan. Salah satunya di sektor pertanian, seperti pengembangan produksi teh yang sudah sangat terkenal di Taiwan.

Pihaknya ingin agar Taiwan bisa mendirikan satu platform Dimana petani teh Taiwan bisa datang untuk melatih petani di Indonesia. “Untuk menaikkan kualitas dan prosesingnya,” bebernya kepada FAJAR, Rabu, 19 Februari.

Kemudian kerja sama lainnya, yakni medical care. Taiwan dan Indonesia bisa mengintegrasi program kesehatan mereka, agar gaya hidup sehat layaknya di Taiwan juga bisa dirasakan masyarakat. Tak hanya kerja sama ekonomi tetap sosial.

Tak hanya itu, kerja sama lakn akan menyentuh sosial care platform. Salah satunya untjk membasmi kejahatan dalam rangka menciptakam iklim investasi hang lebih kondusif. Segera mungkin pihaknya mendorong agar polisi Taiwan bisa segera MoU dengan Polri di Indonesia.

“Pengembangan lain ada pada toh tak Demam Berdarah Project. Kini sudah berjalan di Bandung. Tetapi kami ingin pengaruhnya lebih lias ke kota-kota lain. Agar kebih banyak warga Indonesia yang bisa melakukan pencegahan,” tambahnya.

Ketua Umum Institut L9, HM Alwi Hamu mengaku senang dengan terjalinnya kerja sama yang kuat dengan Indonesia. Dia pun berencana berkunjung ke Taiwan bersama dengan eks Wapres RI Jusuf Kalla dalam waktu dekat ini. (ful/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...