Tak Akui Kekalahan, Bek Liverpool Van Dijk: Keberuntungan

0 Komentar

Kiper Liverpool, Alisson Becker tidak mampu mengantisipasi bola tendangan Saul Niguez/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MADRID—Bek Liverpool, Virgil van Dijk tak menerima kekalahan timnya dari Atletico Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Berbicara kepada BT Sport, ia menyebut tuan rumah hanya beruntung.

“Kami kebobolan gol dari sudut, kesempatan pertama bagi mereka, bahkan tidak ada peluang. Sedikit keberuntungan. Pesan di babak pertama adalah untuk terus bermain. Kami menguasai sebagian besar pertandingan, tetapi sayangnya tidak dapat menciptakan peluang besar,” katanya di BBC.

Bek Belanda itu mengatakan, mereka mesti belajar dari leg pertama ini untuk persiapan laga kedua tiga pekan ke depan. “Kami masih memiliki 90 menit lagi untuk memperbaikinya. Ini adalah cara mereka bermain. Anda harus beradaptasi tetapi kami tahu itu dan saya merasa kami menanganinya dengan cukup baik,” ujarnya.

Bermain di Wanda Metropolitano, Atletico mengambil inisiatif serangan sejak awal. Di menit ke-4, mereka pun mencetak gol. Diawali sepak pojok Koke, pemain Liverpool tidak mampu mengantisipasi bola dengan baik.

Bola liar kemudian jatuh di kaki Saul Niguez. Dengan mudah, Saul yang berdiri tak terkawal menceploskan bola ke dalam gawang dan menaklukkan Alisson Becker lewat tendangan kaki kanan jarak dekat.

Liverpool langsung bereaksi. Mereka mengurung pertahanan tuan rumah.  Namun, lewat serangan balik, gawang mereka kembali nyaris jebol di pertengahan babak pertama. Beruntung bagi Liverpool, tendangan keras Alvaro Morata masih mengenai kaki Alisson.

The Reds, julukan Liverpool melakukan penguasaan bola hingga 71%, akan tetapi, mereka sama sekali tidak bisa melepaskan tembakan tepat sasaran. Alhasil, skor 1-0 bagi Los Rojiblancos bertahan hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, Liverpool menarik keluar Sadio Mane dan memasukkan Divock Origi. Namun tidak ada peluang berarti yang bisa mereka dapatkan. Di menit ke-72, pelatih Liverpool, Juergen Klopp juga menarik Mohamed Salah dan memasukkan Alex Oxlade-Chamberlain.

Semenit berselang, Liverpool mendapat peluang bagus lewat Jordan Henderson, sayang tendangannya hanya melenceng di sisi kanan gawang Jan Oblak. Beberapa saat kemudian, Henderson digantikan James Milner. Hingga waktu normal habis, Atletico masih bertahan dengan sangat baik. Belum satu pun tembakan tepat sasaran yang bisa dilakukan Liverpool. Karena Atletico juga tidak bisa menambah gol, skor 1-0 pun menjadi hasil akhir. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...