Konsumsi Belimbing, Hati-hati bagi Penderita Ginjal

FAJAR.CO.ID-- Belimbing memiliki kadar air tinggi mencapai 90 persen. Belimbing mempunyai rasa asam seperti buah jeruk, teksturnya garing seperti buah apel, dan sedikit manis seperti buah melon.

Menariknya, seluruh bagian buah ini termasuk kulitnya dapat dimakan, alias tidak perlu ribet harus mengupasnya terlebih dahulu.

Namun, Anda tetap perlu untuk mencucinya dengan air bersih mengalir, lalu langsung bisa dilahap atau diolah sebagai jus minuman segar.

Efek Samping Mengonsumsi Belimbing

Walaupun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, orang yang mempunyai masalah pada ginjal mereka harus berhati-hati dalam mengonsumsi buah belimbing. Buah belimbing dapat memberikan manfaat buruk pada ginjal karena banyak mengandung oksalat.

Apabila zat dalam oksalat jumlahnya tinggi, tubuh berisiko mengalami kondisi batu ginjal, Sehingga penderita penyakit ginjal disarankan untuk menghindari mengonsumsi buah belimbing.

Sebagai kesimpulan, buah belimbing mempunyai manfaat kesehatan yang baik, namun bagi orang dengan penyakit ginjal harus berhati-hati untuk mengonsumsinya.

Konsumsilah buah-buahan dalam jumlah yang cukup dengan jenis yang beragam dan tidak berlebihan agar Anda dapat mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan. (klikdokter/jpnn/fajar)

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah+Umar


Comment

Loading...