PDIP Umumkan Calon Usungan, Belum Ada Nama Putra dan Menantu Jokowi

Kamis, 20 Februari 2020 08:40

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai politik mulai mengumumkan sejumlah calon kepala daerah yang telah mendapat rekomendasi DPP partai untuk maju pada Pilkada Serentak 2020. PDI Perjuangan mengumumkan 50 kandidat. Sedangkan PKB ada empat nama yang diumumkan.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka untuk sementara tak termasuk dalam nama yang diumumkan PDIP. Nama-nama calon kepala daerah itu dibacakan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto dan Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto.

Dari nama-nama yang dibacakan, ada sejumlah pertahana. Salah satunya Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey-Steven Kandouw. Keduanya kembali diusung oleh PDIP pada Pilkada 2020. Untuk Serang, PDIP mengusung pasangan Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa. Begitu juga di Pandeglang, PDIP merekomendasi Irna Narulita-Tanto W Arban.

Kemarin (19/2), di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, hampir seluruh nama yang diumumkan hadir. Mereka yang sudah mendapat restu masih didominasi orang lama. Dengan kata lain, petahana yang kembali mencalonkan diri.

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan, mereka yang disebutkan namanya sudah melalui penjaringan dan penyaringan. Untuk uji kepatutan dan kelayakan serta proses wawancara tidak dilakukan jika kinerja para kader tersebut dinilai sudah cukup baik.

Tak hanya Solo. Untu Pilkada Medan, tempat menantu Jokowi, Bobby Nasution, akan maju dalam Pilkada, juga tak diumukan. Solo dan Medan merupakan wilayah panas. Di dua wilayah itu, putra dan menantu Jokowi tengah mengincar rekomendasi dari PDIP untuk maju dalam Pilkada 2020.

Komentar