Ginjal Bocor, Kenali 7 Gejalanya

Jumat, 21 Februari 2020 14:03

FAJAR.CO.ID– Pernah dengar soal ginjal bocor? Ini bukan berarti organ dalam Anda mengeluarkan banyak darah. Kerusakan ginjal yang satu ini tidak mengeluarkan gejala spesifik kalau belum sampai ke tahap yang berat.

Ginjal berfungsi untuk menyaring sisa dan racun di dalam tubuh sehingga dapat dibuang melalui urine.

Untuk zat-zat yang berguna, seperti protein, glukosa, dan mineral, semuanya akan diserap oleh ginjal dan dikembalikan ke aliran darah.

Nah, ketika ginjal mengalami kerusakan, kemampuan menyaringnya akan berkurang. Zat-zat yang berguna termasuk protein, justru ikut terbuang bersama urine. Alhasil, tubuh kekurangan nutrisi dan kesehatan secara menyeluruh ikut terganggu.

Dalam keadaan normal, sebenarnya memang ada zat-zat berguna yang ikut terbuang melalui urine. Hanya saja, jumlahnya sedikit. Dalam kasus ginjal yang rusak dan sudah parah, protein yang terbuang cukup banyak.

Terbuangnya protein dalam jumlah yang tak wajar dapat terlihat jelas dari urine yang dihasilkan. Kondisi seperti inilah yang disebut ginjal bocor. Adapun gejala ginjal bocor yang bisa Anda kenali, antara lain:

Urine Berbusa atau Ada Buih

Makin banyak protein yang terbuang, makin banyak pula buih yang ada dalam urine. Jadi, sebelum mem-flush, coba perhatikan lagi apakah air kencingnya normal atau tidak.

Air kencing yang normal adalah berwarna bening atau kekuningan, encer, dan tidak ada buih atau busanya. Kalau sampai ada buih dan keruh, bisa jadi ada yang tak beres dengan ginjal.

Bagikan berita ini:
6
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar