Konsumsi Pisang saat Menderita Diabetes, Ini Kata Ahli Gizi

Jumat, 21 Februari 2020 16:18

FAJAR.CO.ID — Penderita diabetes harus memperhatikan pola makan. Baik dari sisi porsi dan jam makannya. Sebab, tiap makanan yang konsumsi berdampak langsung terhadap kadar gula darah. Termasuk saat mengosumsi buah. Pasien diabetes juga harus selektif.

Pasien diabetes harus mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) rendah sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah tinggi. Lalu buah apa yang punya indeks glikemik yang rendah? Bolehkah pasien diabetes makan pisang?

Banyak penderita diabetes ingin tahu apakah mereka bisa makan buah pisang atau tidak. Sebab, pisang memang kaya dengan nutrisi. Namun banyak yang menghindari karena pisang juga memiliki fruktosa (gula yang tersedia dalam buah-buahan). Karenanya, orang dengan diabetes cenderung takut jika pisang akan meningkatkan gula darah.

Perlu diektahui, pisang kaya karbohidrat. Dan makanan yang kaya karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Dalam laman NDTV, Kepala Ahli Nutrisi di Rumah Sakit Max Upasana Sharma mengatakan, pisang mengandung gula dan karbohidrat. Tetapi pisang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah.

“Penderita diabetes bisa makan pisang, tetapi dalam jumlah sedang,” tegasnya.

Ketika ditanya dalam jumlah pisang yang aman untuk dikonsumsi, dianjurkan hanya dua atau tiga kali seminggu bagi penderita diabetes. Jumlah tersebut dikatakan masih aman.

“Tetapi penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi pisang setiap hari,” tuturnya.

Komentar


VIDEO TERKINI