Musda Golkar, Pengamat: Fahsar Punya Jejaring Elite Nasional yang Kuat

0 Komentar

Pengamat Politik Unismuh Makassar, Andi Luhur Prianto

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Musda DPD I Golkar Sulsel masih terus menjadi perbincangan hangat. Namun, nama Andi Fahsar Mahdin Padjalangi disebut-sebut sebagai kader beringin yang kans dan jaringannya kuat.

Apalagi Fahsar juga merupakan Bupati Bone dua periode, dia juga merupakan Ketua DPD Golkar Bone. Kader tulen Golkar.

Pengamat Politik Unismuh Makassar, Andi Luhur Prianto menilai, pihaknya sementara menunggu apakah arah suksesi kepemimpinan Golkar ini punya cita-cita politik yang strategis atau yang pragmatis saja. “Sikap itu akan menentukan kualifikasi figur yang menggantikan NH (Nurdin Halid),” katanya, Sabtu (22/2/2020).

Kata dia, secara mekanisme, Golkar sudah mengunci kemungkinan hadirnya tokoh baru untuk memimpin Golkar Sulsel. Sehingga nama-nama lama yang muncul, seperti Taufan Pawe, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, Rusdin Abdullah, Muhammad Risman Pasigai, dan lainnya punya peluang untuk berkompetisi.

Mereka itu punya rekam jejak kepemimpinan di Golkar. Kalau Fahsar adalah ketua DPD II Golkar yang sukses di daerahnya. “Ia punya jejaring elite nasional yang kuat. Yang menjadi pembeda, Fahsar memiliki prospek menantang petahana di kontestasi kepemipinan Gubernur Sulsel. Dia juga memiliki kedekatan dengan kepemimpinan status quo di Golkar sekarang ini,” jelasnya.

Luhur menambahkan, pada dasarnya Ketua Golkar baru akan menyesuaikan aransemen dukungan pada Pilbup/Pilwali pada kandidat yang beririsan kepentingan di Pilgub berikutnya. Meskipun sifatnya vested-interest (kepentingan jangka pendek) yang pragmatis juga tetap ada.

“Secara tradisional, partai Golkar selalu menyiapkan kader dan atau membangun gerbong perlawanan menghadapi petahana di Pilgub,” tambahnya. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...