Preview Chelsea vs Tottenham: Gengsi London

Jose Mourinho dan Frank Lampard/Getty Images/Goal

FAJAR.CO.ID, LONDON—Derbi London akan tersaji di Stamford Bridge kala Chelsea menjamu Tottenham Hotspur di pekan ke-27 Premier League. Ini adalah duel big four sarat gengsi dan kedua kubu dipastikan akan saling bunuh.

CHELSEA sejauh ini menempati peringkat keempat klasemen sementara Premier League dengan poin 41. Sementara Spurs menguntit di posisi kelima dengan hanya terpaut satu angka. Selisih poin yang begitu ketat menjadi pemantik bara laga ini.

Sebagai tuan rumah, The Blues pastinya lebih difavoritkan. Klaim itu didukung fakta head to head kedua kubu di The Bridge. Dalam 33 kunjungan terakhir ke Stamford Bridge, Spurs hanya mampu mencuri satu kemenangan.

Tapi, Chelsea yang menang 2-0 di London Utara pada putaran pertama lalu jelas tidak bisa meremehkan lawannya. Dengan hanya lima kemenangan dan lima kekalahan dari 13 pertandingan kandang, Spurs bisa saja kembali mempermalukan Chelsea, malam ini.

Masalah Chelsea adalah lini serang. Belakangan ini, mereka kesulitan mencetak gol. Situasi itu semakin parah sebab Chelsea yang pekan sebelumnya kalah 0-2 dari Manchester United kemungkinan besar masih kehilangan Tammy Abraham.

Michy Batshuayi sudah diberi kesempatan sebagai starter menghadapi MU. Tanpa bahaya berarti yang ia timbulkan, ia sepertinya harus kembali ke bench. Karena Christian Pulisic, Ruben Loftus-Cheek, dan Callum Hudson-Odoi masih cedera, Olivier Giroud diprediksi akan mendapat jatah starter pertamanya.

Giroud siap mengemban tugas ini. Setelah bermain sebagai pemain pengganti menghadapi MU, ia menyuarakan optimisme menyongsong derbi. “Kami hanya perlu meningkatkan detail kecil karena di situlah Anda bisa menang atau kalah. Melawan Tottenham adalah pertandingan besar bagi kami,” kata Giroud di situs resmi Chelsea.

Kapten The Blues, Cesar Azpilicueta menegaskan, jarak poin yang begitu mepet dengan tim-tim zona Eropa memaksa mereka harus tampil habis-habisan di derbi ini. Setelah kehilangan begitu banyak poin, ia mengatakan mereka harus bisa mengalahkan Spurs.

“Kami telah kehilangan keunggulan yang kami miliki. Kami telah membiarkan diri kami tergelincir. Sekarang kami memiliki beberapa pertandingan besar dan menentukan yang dimulai dengan derbi besar pada hari Sabtu di Stamford Bridge,” tegasnya.

Menyusul sanksi dua tahun bagi Manchester City, Chelsea kemungkinan tetap bisa berpartisipasi di Liga Champions jika finis di posisi kelima. Namun, Manajer Chelsea, Frank Lampard yang juga kemungkinan kehilangan Andreas Christensen dan N’Golo Kante mengingatkan timnya soal itu.

“Kita tidak bisa terjebak dalam apa yang mungkin terjadi. Yang bisa kita lakukan adalah berada di urutan keempat sehingga itu ada di tangan kita. Pertarungan dimulai sekarang. Kami berada di tempat keempat dengan poin, jadi musim dimulai di sini untuk efek itu,” ujarnya.

Datang ke Stamford Bridge dengan ambisi mencuri poin, Spurs juga dipusingkan dengan cedera pemain. Sama seperti Lampard, Manajer Spurs, Jose Mourinho yang akan bereuni dengan Chelsea kehilangan penyerang andalannya; Harry Kane dan Heung-min Son.

Tanpa dua top skornya, The Special One terpaksa harus memaksimalkan Dele Alli atau Lucas Moura sebagai ujung tombak. Selain itu, Mourinho yang juga masih kehilangan Moussa Sissoko berharap gelandang seperti Giovani Lo Celso, Steven Bergwijn, serta Erik Lamela bisa membantu mencetak gol.

Tapi, itu tak lantas menyelesaikan masalah tim tamu. Pengganggu pikiran Mourinho lainnya adalah jadwal. Karena bermain Kamis lalu, Spurs praktis hanya punya waktu pemulihan dua hari.

“Para pemain Chelsea menonton pertandingan ini (Liga Champions) di TV, dengan lemon dan biskuit sambil menikmati permainan, dan kami bermain Sabtu pukul 12 (malam Wita). Kami bahkan tidak bisa tidur nyenyak sampai pukul 10.30 atau 11. Kami harus bangun pukul 7.30 untuk pertandingan ini,” kata Mourinho kepada BT Sports. (amr)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...