22 Nama Calon Presiden, Prabowo Subianto Unggul

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lembaga survei Indo Barometer menyebut bahwa Prabowo Subianto saat ini masih menjadi calon terkuat untuk Pilpres 2024. Hal itu terungkap dari survei yang merekam pendapat publik mengenai capres potensial.

“Dari pertanyaan tertutup terhadap 22 nama calon presiden, Prabowo Subianto unggul,” kata Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari merilis survei bertajuk “Road To Capres dan Parpol 2024” di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu (23/2).

Qodari melanjutkan, sebanyak 22,5 persen publik mengaku akan memilih Prabowo Subianto, disusul Anies Baswedan (14,3 persen) dan Sandiaga Uno (8,1 persen), Ganjar Pranowo (7,7 persen) dan Tri Rismaharini (6,8 persen).

Lalu Agus Harimurti Yudhoyono (5,7 persen), Khofifah Indar Parawansa (3,3 persen), Ridwan Kamil (2,6 persen), Erick Thohir (2,5 persen), Mahfud MD (1,6 persen) dan Puan Maharani (1 persen).

Selain itu, untuk liga tokoh partai, minus Surya Paloh, dukungan publik terhadap calon presiden, Prabowo Subianto unggul (38,3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (16,4 persen), Puan Maharani (3,5 persen), Muhaimin Iskandar (2,3 persen), Zulkifli Hasan (1,2 persen), Airlangga Hartarto (1,1 persen), Sohibul Iman (0,5 persen), Suharso Monoarfa (0,3 persen).

“Untuk liga tokoh partai, dari pertanyaan tertutup delapan calon presiden, Prabowo unggul,” ujarnya.

Indo Barometer juga membuat simulasi pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 nanti. Pasangan Pertama Prabowo – Puan Maharani dan Anies – Agus Harimurti Yudhoyono.

Hasilnya Prabowo masih unggul dengan angka kisaran (36,6 persen hingga 37,0 persen) dan Anies – AHY (25,8 persen). Begitu juga jika Anies dipasangan dengan tokoh parpol lainnya, Prabowo juga masih unggul.

“Tampaknya hipotesis bahwa cebong dan kampret tidak dapat bersatu adalah salah,” kata Qodari.

Untuk diketahui survei ini menggunakan pertanyaan tertutup (tidak ada pilihan) kepada sebanyak 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error sekitar 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden adalah mereka warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. (jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...