Bendung Katulampa Siaga III, Warga Jakarta Waspada

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Warga Jakarta Selatan yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung kembali diminta mewaspadai banjir kiriman dari Bogor, Senin (24/2). Pasalnya, ketinggian muka air di Bendungan Katulampa kembali meningkat di atas batas normal.

"Kami sudah mengimbau melalui HT, sosial media dan pesan grup WhatsApp agar waspada," kata Kasudin SDA Jakarta Selatan Mustajab.

Berdasarkan informasi dari petugas Bendung Katulampa, tinggi muka air Sungai Ciliwung mengalami peningkatan pukul 07.00 WIB dengan ketinggian mencapai 100 sentimeter (cm) atau Siaga III Banjir untuk masyarakat hilir Jakarta.

Kenaikan muka air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, seiring dengan hujan yang turun di kawasan Puncak.

Data terakhir menyebutkan ketinggian muka air Ciliwung di Bendung Katulampa pukul 08.00 WIB surut 10 sentimeter, yakni turun ke level 90 cm tetapi masih berstatus Siaga III Banjir.

Menurut Mustajab, kiriman air dari Bogor akan tiba di Jakarta dalam waktu sembilan jam mendatang. Wilayah yang akan dilalui seperti Pejaten Timur, Cikoko, Rawajati, Pengadegan, Kebon Baru dan Buki Duri.

"Warga sudah mengetahui informasi kenaikan Katulampa, jadi sudah siap," kata anak buah Gubernur Anies Baswedan itu.

Kesiapan mengantisipasi kiriman air dari Bogor maupun imbas dari hujan yang mengguyur kawasan Jakarta juga dilakukan pihak Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah+Umar


Comment

Loading...