Sharing Session Pembangunan Zona Integritas serta Sosialisasi Inovasi Menuju WBBM

Senin, 24 Februari 2020 10:04

Sejalan dengan tujuan dari upaya pencapaian ZI menuju WBBM oleh KPPN Makassar II, dalam acara ini juga diresmikan sebuah forum untuk para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang ditandai dengan penandatanganan Piagam Forum KPA. Forum tersebut diberi nama Forum Tudang Sipulung, secara sederhana dalam Bahasa Bugis, Tudang berarti duduk, Sipulung berarti berkumpul. Sehingga maksud arti dari Tudang Sipulung adalah musyawarah, bisa juga diartikan sebagai wadah yang memediasi antara kepentingan masyarakat dengan pemerintah.

Secara khusus, KPPN Makassar II menggunakan istilah Tudang Sipulung sebagai nama Forum KPA dengan makna kepanjangan dari “Sinergi Pimpinan Untuk Pengelolaan Keuangan”. Pembentukan Forum Tudang Sipulung ditandai dengan penandatanganan Piagam Pembentukan Forum Tudang Sipulung oleh 12 Satker tamu undangan dan diketahui oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulwesi Selatan dan Kepala KPPN Makassar II.

Tujuan utama dalam pembentukan Forum KPA Tudang Sipulung ini adalah untuk membangun sinergi dengan para Kuasa Pengguna Anggaran mitra kerja KPPN Makassar II guna mendukung optimalnya pelaksanaan tugas dan fungsi Kuasa bendahra Umum di daerah, sebagai forum diskusi dan diseminasi informasi terkait pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBN, sebagai media pertukaran informasi untuk peningkatan kompetensi dan literasi perbendaharaan, serta sebagai upaya penyempurnaan inovasi berbasis bimbingan dan konsultasi pelaksanaan APBN.

Dalam acara ini secara, Kepala KPPN Makassar II juga memperkenalkan salah satu inovasi terbarunya kepada tamu undangan, yaitu Aplikasi Kawal SKPP (Koreksi Awal SKPP). Diharapkan dengan aplikasi tersebut, pelayanan KPPN dalam pembuatan SKPP dapat lebih efektif dan efisien.

Komentar


VIDEO TERKINI