AMDAL, Amdalalin dan DELH Mattoanging Telan Anggaran Rp1 Miliar

0 Komentar

Bocoran desain tampilan Stadion Andi Mattalalatta Mattoanging Makassar.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga terus melakukan persiapan renovasi Stadion Mattoanging (Andi Mattalatta). Saat ini dua dokumen administrasi untuk renovasi telah dilelang.

Dikutip dari laman resmi pengadaan barang atau jasa Pemprov Sulsel lpse.sulselprov.go.id, dua dokumen yang dilelang adalah Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) serta penyusunan Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) dan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL).

Untuk penyusunan Andalalin, Dispora menawarkan Harga Penawaran Sementara (HPS) Rp248,8 juta. Sementara untuk penyusunan DELH dan AMDAL HPS Rp748,9 juta. Total sekitar Rp1 miliar untuk ketiga dokumen pendukung renovasi ini disiapkan Dispora Sulsel.

Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel, Muhlis Mallajareng mengatakan ketiga dokumen tersebut menjadi syarat utama sebelum pengerjaan fisik dimulai. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melelang proyek fisik stadion.

“Semoga semua dokumen rampung secepatnya dan fisik sudah mulai dilakukan bulan Juni. Kita sudah selesaikan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB),” kata Muhlis dikonfirmasi via telepon, Selasa (25/02/2020).

Tak hanya masalah lelang, Dispora Sulsel juga masih menunggu hasil audit forensik yang akan dilakukan oleh tim Universitas Hasanuddin. Hasil audit ini akan menjadi dasar untuk penyusunan rancang bangun proses rehabilitasi stadion berumur 30 tahun lebih ini.

“Kan tidak semuanya kita bongkar, ini hanya renovasi. Jadi butuh kajian mana yang bisa dipakai dan mana yang sudah tidak layak. Misalnya, ada tribun yang masih bisa dipakai atau bagian lain. Desain awal dari Pak Yori Antar itu juga akan jadi dasar proses renovasi,” jelasnya.
​​​​​​Terkait kontraktor yang akan menangani proses renovasi senilai Rp200 milliar tersebut, Muhlis menyebutkan salah satu syaratnya pernah menangani pembangunan atau rehabilitasi stadion berstandar internasional. (MG03

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...