Clean Up Optimis Mampu Ciptakan Lebih Banyak Lapangan Kerja

Selasa, 25 Februari 2020 22:03

General Manager Clean Up, Iqra Putra Sanur menjelaskan program. (Foto: edra/FAJAR.CO.ID)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Kolaborasi dua start up asal Sulawesi Selatan yang bergerak dibidang pengolahan sampah, MallSampah dan Clean Up menghadirkan fitur ‘Mixed Waste’ di aplikasi MallSampah. Peluncuran fitur ini diyakini akan mampu menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja bagi masyarakat.

General Manager Clean Up, Iqra Putra Sanur yang dijumpai di Nipah Mall Makassar, Selasa (25/2) mengaku optimis bahwa fitur Mixed Waste akan menambah order pengangkutan bagi mitra Clean Up (pengangkut sampah se-kota Makassar) sehingga otomatis meningkatkan ekonomi serta lapangan kerja.

“Kami optimis kolaborasi ini bermuara pada pemberdayaan masyarakat khususnya para pengangkut sampah. Mereka banyak dari petugas kebersihan pemerintah, tapi mereka berpikir untuk berdaya menambah income mereka dengan menjadi mitra kami,” jelasnya lugas.

“Pelan-pelan mereka bisa beli armada sendiri sehingga lama kelamaan mereka bisa mandiri,” tambah Iqra.

Namun, Iqra belum berani pasang target karena ini baru tahap kolaborasi awal. Pihaknya tengah mempelajari target size marketnya seperti apa.

Clean Up saat ini telah dapat melayani total 1200 unit lokasi pengangkutan sampah. Sedangkan MallSampah saat ini mampu mendaur ulang sampah hingga 30 ton dalam satu bulan.

Kedepannya Clean Up akan mencari pengelola sampah jenis lain, misalnya pengepul, pabrik pupuk, petani cacing dan lainnya.

“Saat ini kita masih riset. kolaborasi ini merupakan langkah baru kami menyiapkan ekosistemnya. Food waste misalnya bisa kita lempar ke petani cacing. Sampah jenis lainnya pun begitu akan ada vendornya masing-masing. Sehingga misi pemberdayaan masyarakat itu akan terwujud,” pungkas Iqra. (mg01)

Komentar