Demokrat Akui Banyak Rintangan, Usulkan Pansus Hak Angket Jiwasraya


FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Fraksi Partai Demokrat dan PKS masih terus berupaya mengusulkan pansus hak angket Jiwasraya. Namun, Partai Demokrat pasrah jika usulan tersebut tidak disetujui DPR dalam rapat paripurna yang merupakan forum tertinggi dalam pengambilan keputusan di parlemen.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, sampai sekarang hanya dua fraksi yang mengusulkan pansus Jiwasraya. ”Kalau proses ini dilanjutkan ke paripurna, tentu kami tahu, pasti ini akan berbeda. Tetapi, inilah demokrasi,” terang dia.

Dia sangat menyadari bahwa secara politis, pengusulan hak angket mengalami banyak rintangan. Jika nanti pengambilan keputusan di rapat paripurna dilakukan dengan mekanisme voting, sangat mungkin pansus Jiwasraya tidak terwujud. Menurut dia, peng ambilan keputusan melalui voting juga merupakan demokrasi.

Syarief sangat menghargai proses demokrasi Indonesia yang telah berkembang dengan baik selama ini. Partai Demokrat dan PKS sangat menghormati proses yang ada di DPR. ”Jadi, mari kita sama-sama ting katkan proses demokrasi. Semua proses harus dihormati,” tutur dia.

Suami artis Inggrid Kansil itu mengatakan, jangan sampai usulan pansus Jiwasraya yang diajukan oleh Demokrat dan PKS mencederai demokrasi. Pihaknya menghormati Panja Jiwasraya yang sekarang berjalan. ”Mari kita pelihara demokrasi ini demi kepentingan bangsa dan negara ke depan,” terang wakil ketua MPR itu.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, mayoritas fraksi di DPR mendukung panja yang ada di tiga komisi, yaitu komisi III, VI, dan XI. Semua panja sedang bekerja sesuai kewenangan masing-masing. ”Kami di komisi III fokus pada sisi penegakan hukumnya,” papar dia kemarin.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar