Dibongkar dengan Mudah, Uji Coba Pelapisan Aspal Sempurna

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Hasil uji coba pelapisan aspal seluas 60m2 di atas cobblestone bagian tenggara Silang Monas, Sabtu lalu terbilang sukses.

Hamparan sepanjang 15m x lebar 4m menggunakan dua material berbeda: sand sheet (10m x 4m) dan geotextile (5m x 4m). Kedua material itu dihamparkan secara menyambung. Uji coba bertujuan untuk cek material yang bisa lebih mudah dikelupas setelah terpasang selama 4x24jam.

Sebelumnya, pengelupasan dijadwalkan pada Rabu (26/2/2020), namun dimajukan ke hari ini. Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana,mengungkapkan, pengelupasan telah dilakukan dan hasilnya sempurna.

“Indonesia baru pertama kali menyelenggarakan Formula E. Cobblestone atau blok batu yang dipasang tahun 1995 ini merupakan bagian dari lintasan dan diuji coba dilapisi,” bebernya.

Area hamparan 15m x 4m yang diuji coba tersebut tetap bisa dilintasi untuk kegiatan keseharian. Selain itu, uji coba dan seluruh pekerjaan diawasi oleh FEO (Formula E Operation) yang sudah memiliki pengalaman membangun berbagai sirkuit di dunia.

Pengaspalan di kawasan perhelatan Formula E Jakarta dijadwalkan Maret 2020 selama 1,5 bulan. Prosesnya memperhatikan aspek lingkungan, karena sejatinya perhelatan ini adalah untuk mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan. Ajang ABB FIA Formula E Championship di Jakarta, atau Jakarta E-Prix, digelar pada 6 Juni 2020. (rls-sam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...