Fakultas Peternakan Unhas Tandatangani MoU dengan Perusahaan Jepang

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Peternakan menandatangani Nota Kesepahaman dengan perusahaan asal Jepang, Kobayashi Nosan Co Ltd.

Seremoni penandatanganan dilakukan oleh Dekan Fakultas Peternakan (Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc), dan Presiden Kobayashi Farm Group (Kikuko Kobayashi), bertempat di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Tamalanrea, Selasa (25/2/2020).

Agreement of Joint Cooperation atau Persetujuan Kerja Sama antara Fakultas Peternakan dan Kobayashi Nousan Co Ltd, berisi kesepakatan kedua belah pihak untuk bekerja sama dalam bidang pengembangan dunia pendidikan dan penelitian. Dalam implementasinya, kedua pihak akan saling mendukung untuk dalam proses pembelajaran, penelitian kolaborasi dan magang, yang akan melibatkan dosen dan mahasiswa.

Dekan Fakultas Peternakan, Prof Lellah Rahim menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Kobayashi Nousan Co Ltd yang bersedia mengambil langkah untuk mendukung pengembangan Fakultas Peternakan Unhas.

“Kami sudah siap untuk mengirim dosen dan mahasiswa dari fakultas kami untuk mengikuti program-program yang diadakan oleh Kobayashi Nousan Co Ltd. Besar harapan kami agar dosen dan mahasiswa yang kami kirim ini, sekembalinya dari negeri Sakura, mereka sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru, yang nantinya dapat ditularkan kepada sivitas akademik lainnya,” kata Prof Lellah.

Program-program yang dipersiapkan untuk mahasiswa, salah satunya adalah program magang. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat mengenal dunia kerja sebelum lulus dari Unhas. Kobayashi Nousan Co Ltd menyatakan kesediaan untuk mendukung kebutuhan mahasiswa selama proses magang, misalnya akomodasi dan penunjang kegiatan selama magang.

Kobayashi Nousan Co Ltd adalah salah satu anak dari Kobayashi Farm Group, yang di mana bergerak dalam bidang peternakan. Kobayashi nantinya akan menerima tenaga kerja dari Unhas, baik itu alumni maupun mahasiswa yang menjalankan program magang di perusahaan peternakan di Jepang.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah PhD, yang turut hadir dalam penandatanganan kerja sama ini mengatakan bahwa langkah yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan patut diapresiasi, sebab saat ini kebutuhan institusi terhadap mitra untuk menerima magang mahasiswa sangat tinggi.

“Kita ingin mengimplementasikan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui gagasan Merdeka Belajar. Salah satu prasyarat yang dibutuhkan untuk itu adalah tersedianya mitra-mitra perusahaan dan industri yang bersedia menerima mahasiswa kita untuk mengenal dunia kerja melalui magang,” kata Suharman. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...