Kemendagri Desak Kepala Daerah Terbitkan Regulasi Manajemen Pemdes

0 Komentar

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri, Aferi S Fudail.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kemendagri mendesak para kepala daerah membenahi sistem pemerintahan di desa. Regulasinya harus segera diterbitkan.

Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa Kemendagri, Aferi S Fudail mengatakan, kepala daerah mesti segera menerbitkan regulasi manajemen pemerintahan desa di desa masing-masing. Harus dibenahi sistem berpemerintahan di desa. Ini yang mendesak.

“Sesudah dibenahi sistem, baru masuk ke tematik seperti dana desa dan program-program lainnya. Seperti urusan-urusan perangkat. Sistem duluan yang harus klir,” ungkapnya.

Kata dia, Presiden menekankan agar penyaluran Dana Desa benar-benar efektif dan memberikan manfaat nyata bagi Desa. Presiden memberikan tiga arahan. Pertama, pemanfaatan Dana Desa dimulai pada awal tahun dan diutamakan untuk program padat karya yang memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin di Desa.

Kedua, penggunaan Dana Desa diarahkan untuk menggerakkan sektor produktif. Mulai dari pengolahan pascapanen, industri kecil di Desa, budidaya perikanan, Desa wisata, dan industrialisasi pedesaan yang mampu menjadi pengungkit ekonomi Desa.

Ketiga, penggunaan Dana Desa manajemennya harus diperbaiki sekaligus diberi pendampingan lapangan sehingga tata kelola Dana Desa semakin baik, semakin akuntabel dan transparan.

“Di samping itu, pelibatan masyarakat dalam pengawasan Dana Desa juga sangat diperlukan,” tukasnya. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...