Nasib Honorer, Sudah 2 Bulan Tak Gajian

Selasa, 25 Februari 2020 11:50

Ilustrasi Honorer dan PPPK

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gaji honorer Pemkot Makassar tersendat. Sudah dua bulan mereka belum menerima gaji.

Tersendatnya gaji para honorer terjadi di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Honorer belum mendapat kepastian jadwal gaji mereka bisa cair.

Beberapa honorer mengaku sudah dua bulan belum menerima gaji. Alasannya, terkendala Surat Keputusan (SK) Kolektif. Gaji mereka pun tertahan hingga saat ini.

“Biasanya itu kita gajian tanggal 25 setiap bulan. Tetapi ini belum ada tanda-tanda. Sudah dua bulan. Katanya sih paling lambat bulan tiga baru bisa cair,” keluh honorer yang enggan disebutkan namanya.

Dia menuturkan, menurut informasi yang dia peroleh, salah satu alasan mengapa gajinya belum cair lantaran belum ada SK baru yang keluar. Katanya, masih berproses di Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Sekarang sudah tidak ada honor-honor kegiatan. Jadi tidak ada yang kita terima selain gaji. Sementara gaji belum cair,” keluhnya lagi.

Honorer lainnya juga mengeluhkan hal tersebut. Kondisi ini, katanya, sering terjadi setiap awal tahun. “Selalu begini. Tapi masih begini terus. Apalagi sudah tidak ada honor kegiatan,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun FAJAR, masih ada beberapa OPD yang honorernya belum menerima gaji. Seperti, di Diskominfo, Disnaker, dan Sekretariat Kota Makassar.

Plt Kepala BKPSDM Kota Makassar, Basri Rakhman mengatakan, seharusnya gaji para honorer sudah bisa cair. Pasalnya, SK Kolektif untuk honorer sebagai dasar pencairan gaji sudah diterbitkan.

Komentar