Pekan Budaya TK Al Azhar Libatkan 7 Negara, Ini Asalnya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Memperkenalkan budaya kepada anak-anak usia dini atau Taman Kanak-kanak, merupakan satu cara mengajarkan keberagaman dan kecintaan kepada budaya.

Sebuah konsep edukatif, yang dikemas dengan menampilkan aksi anak-anak dalam balutan busana ciri khas tujuh negara di dunia, yakni Indonesia yang diwakili Bali, kemudian ada Korea, Malaysia, India, Mesir, Australia, dan Belanda.

Semuanya disajikan dalam Pekan Budaya dan Open House, yang digagas oleh KB-TK Islam Al Azhar 34 Makassar. Jl. Hertasing Aroepala, Selasa, 25/02.

Kepala Sekolah KB TK Islam Al-Azhar 34 Makassar, Muliani mengatakan kegiatan ini sebagai wujud sebuah kepedulian para pendidik untuk mengenalkan kesenian dan budaya-budaya kepada anak sejak dini.

Acara Pekan Budaya ini juga tempat salah satu anak menuntut ilmu patut diberikan apresiasi. Acara akan berlangsung selama sepekan dari Tanggal 25 hingga 27 Februari.

"Jadi tiap kelas mengenakan pakaian berbeda ciri khas negara masing-masing, ada 7 negara yamg ditampilkan yakni," tuturnya.

Kabid Paud Disdik Kota Makassar, Hikmah Manganni mengatakan sungguh sebuah kemasan yang menarik, karena tidak terkesan mendikte. Membawa anak-anak menyelami kesenian mendunia yang semakin langka dijumpai dalam keseharian mereka. Itu penting agar mereka tidak tumbuh sebagai generasi yang ketinggalan.

Lanjutnya, menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak, memang tepat saat mereka menginjakkan usia Paud dan Taman Kanak-kanak. Mengapa? Usia ini adalah awal yang bisa membentuk karakter anak. Cara membentuknya lewat edukasi melalui permainan.

"Memperkenalkan budaya dan ciri khas suatu negara lewat permainan dan kostum, bisa menjadi langkah yang akan mereka ingat terus hingga besar,"tuturnya.

Selain mengenakan dan memperkenalkan pakaian dari beberapa negara, murid-murid ini juga tampil memperlihatkan aksi mereka di atas panggung dan pameran hasil karya, penjualan hasil karya, olahan makanan dan minuman.(wis/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...