Pilih Jadi Fungsional, Empat Pejabat Pemprov Sulsel Mundur

Selasa, 25 Februari 2020 13:43

Empat pejabat struktural Pemprov Sulsel siap dilantik jadi pejabat fungsional. (Fajar/Mirsan)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Empat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) pratama lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, mengundurkan diri dari jabatan yang diemban. Mereka lebih memilih menjadi pejabat fungsional dibandingkan pejabat struktural.

Mereka adalah Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Syamsibar, Kepala Dinas Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMD-PTSP) Sulsel, AM Yamin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Sulsel, AM Yamin dan Staf Ahli Pemprov Sulsel, Muh Tamzil.

Pelantikan keempat pejabat fungsional rencananya akan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa siang (25/02/2020).

Ilham A Gazaling mengatakan dengan memilih menjadi fungsional, maka jabatan struktural akan ditinggalkan. Mantan Kadis Sosial Sulsel ini, memilih menjadi fungsional arsip-aris utama di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sulsel.

“Ini pilihan bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) mau jadi pejabat fungsional atau struktural. Kebetulan saya sudah mengikuti tahapan tes jadi fungsional utama bidang arsip-aris di ANRI Jakarta,” kata Ilham, Selasa (25/02/2020).

Ilham menyebutkan dengan menjadi pejabat fungsional, masa pengabdian sebagai aparatur negara akan ditambah. Masa pensiun akan ditambah menjadi 5 tahun lagi.

“Kalau saya ini masih lama, kalau struktural masih ada empat tahun. Jadi dengan pindah ke fungsional, berarti ditambah lima tahun lagi. Sehingga akan pensiun sembilan tahun ke depan,” jelasnya. (mg03/fajar)

Komentar