Preview Chelsea vs Bayern: Lupakan Sejarah

Selasa, 25 Februari 2020 15:50

Chelsea/Getty Images

FAJAR.CO.ID, MUNICH—Chelsea punya memori indah menghadapi Bayern Munchen di Liga Champions yang menjadi modal mereka pada leg pertama babak 16 besar, dinihari nanti. Di dua pertemuan terakhir, The Blues selalu menjadi pemenang.

Kedua klub pertama kali bertemu di perempat final Liga Champions musim 2004/2005. Saat itu, Chelsea yang masih ditangani Jose Mourinho menang agregat 6-5 atas tim asuhan Felix Magath.

Setelah itu, di musim 2011/2012, Chelsea kembali membuat Bayern menangis di depan pendukungnya sendiri pada partai final Liga Champions. Sempat unggul hingga menit akhir, Bayern kalah dramatis lewat drama adu penalti.

Pada laga itu, sundulan Thomas Muller di menit ke-83 seperti akan memberikan kemenangan pada anak asuh Jupp Heynckes. Namun, dua menit sebelum waktu normal habis, Didier Drogba menyamakan kedudukan dan memaksa laga berlanjut ke babak tambahan waktu.

Bayern kembali melewatkan peluang merengkuh gelar ketika penalti Arjen Robben mampu digagalkan Petr Cech. Dan ketika Cech lagi-lagi mampu mementahkan eksekusi Ivica Olic dan Bastian Schweinsteiger di babak adu penalti, Roberto Di Matteo dan skuatnya pun mempersembahkan gelar Liga Champions pertama bagi Chelsea.

Selain head to head mereka di Liga Champions, Stamford Bridge yang akan jadi venue dinihari nanti juga memang tidak pernah bersahabat bagi tim-tim Jerman. Dalam sembilan pertandingan Liga Champions di The Bridge, Chelsea tidak pernah kalah dari klub Jerman.

Hasil terburuk mereka hanya berupa tiga hasil imbang. Selebihnya, dalam sembilan pertandingan itu, The Blues menang enam kali. Torehan luar biasa itu disempurnakan dengan kemampuan mereka mencatatkan enam clean sheet.

Tapi, itu masa lalu. Sejarah manis itu harus dilupakan Chelsea dan sang manajer, Frank Lampard yang menjadi kapten sekaligus pencetak gol-gol penting The Blues pada dua pertemuan dengan Bayern dan fokus melakoni laga ini.

Bukan saja karena mereka sangat tidak konsisten musim ini, khususnya di partai kandang, Bayern juga datang dengan modal bagus. Thomas Muller dan kawan-kawan sejak awal Desember tahun lalu tidak lagi tersentuh kekalahan.

 Khusus di Liga Champions, raksasa Jerman itu menjadi satu-satunya klub dengan catatan sempurna di fase grup. Dan yang membuat Chelsea harus ekstra waspada adalah bomber Bayern, Robert Lewandowski tengah onfire. Ia total sudah mencetak 10 gol dan menjadi top skor sementara bersama Erling Haaland.

Komentar


VIDEO TERKINI