Preview Napoli vs Barcelona: Mimpi Messi

Gennaro Gattuso memimpin latihan Napoli/Napoli FC

FAJAR.CO.ID, NAPLES—Napoli akan menjamu Barcelona di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, dinihari nanti. Ini sudah lama dimimpikan Lionel Messi dan Napoli jelas harus waspada.

Messi yang baru saja mencetak empat gol ke gawang Eibar di Camp Nou menyebut bermain di San Paolo akan menjadi pengalaman hebat. Makanya, setelah drawing digelar, kapten Barcelona itu mengaku langsung merasa senang.

“Saya sudah lama ingin pergi ke San Paolo, dan kami tidak pernah mendapatkan Napoli dalam drawing. Saya sangat senang melihat seperti apa rasanya. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan untuk bermain di sana,” kata Messi di Mundo Deportivo.

Menurut Messi, penduduk Napoli yang mendewakan Diego Maradona sangat gila sepak bola dan ia ingin melihat suasananya secara langsung. Selama ini, pemain asal Rosario, Argentina itu mengaku hanya mendengar kisah sepak bola Napoli melalui rekannya di timnas, seperti Ezequiel Lavezzi.

“Saya tahu tentang Neopolitans dan betapa gilanya mereka tentang sepakbola. Saya punya rekan tim seperti Ezequiel Lavezzi yang pernah bermain di sana, dan mereka sudah menjelaskan seperti apa rasanya. Saya sangat senang bermain di sana,” ujarnya.

Gelandang Barca, Frenkie de Jong tak kalah antusias menyambut laga di San Paolo. “Saya belum pernah bermain di Stadio San Paolo, tetapi Napoli adalah tim yang sangat bagus. Kami bermain melawan mereka di pramusim tetapi itu selalu berbeda dan itu tidak berarti banyak,” katanya dikutip dari situs resmi Barca.

Pemain internasional Belanda itu menegaskan, ini akan menjadi pertandingan sulit. Meskipun musim ini agak mengecewakan di Serie A, Napoli menurut De Jong memiliki banyak kualitas yang sudah mereka perlihatkan di Liga Champions.

“Mereka telah melakukan dengan baik di Liga Champions, misalnya melawan Liverpool. Napoli adalah tim yang sangat kuat dan kami berharap ini akan menjadi pertandingan hebat bagi kami!” tegas eks pemain Ajax tersebut.

Bermodal kemenangan 5-0 atas Eibar di La Liga yang memastikan mereka kembali ke puncak klasemen, Pelatih Barca, Quique Setien menyebut anak asuhnya sangat percaya diri. Dan ia yakin Messi kembali akan memimpin mereka meraih hasil bagus di Liga Champions.

Setien juga sama sekali tidak khawatir meskipun ia tidak bisa memainkan Luis Suarez, Ousmane Dembele, Jordi Alba, dan Sergi Roberto di laga ini. “Yang paling penting adalah mempersiapkan pertandingan dengan baik dan pergi ke lapangan,” tegasnya di MARCA.

Di pihak Napoli, pelatih Gennaro Gattuso memilih memuji Napoli jelang duel ini. Menurut Gattuso, Barca dalam 15 tahun terakhir sudah menjadi salah satu tim terbaik di dunia dan level mereka di atas Napoli.

Namun, Rino, sapaan Gattuso memastikan anak asuhnya akan meladeni Messi dan kawan-kawan. “Kami menghadapi tim hebat yang terdiri dari para pemain hebat. Kami tahu ini akan sulit tetapi bagi saya dan skuat saya adalah sebuah kebanggaan untuk menghadapi tim yang lebih kuat dari kami,” ujarnya di UEFA.com.

Gattuso yang dilaporkan tidak bisa memainkan bek andalannya, Kalidou Koulibaly dan masih harus melihat perkembangan Arkadiuz Milik, Hirving Lozano, Elseid Hysaj, Fernando Llorente, dan Kevin Malcuit menegaskan, mereka tidak perlu takut. Ia juga memastikan tidak akan bermain bertahan.

Mantan pelatih AC Milan itu menjelaskan, mereka harus memainkan gaya permainan sendiri, khususnya karena ini adalah partai kandang yang perlu mereka menangi. “Kita seharusnya tidak perlu takut: kita harus menghormati mereka dan memainkan permainan kita sendiri dengan penuh kesadaran dan martabat,” tandasnya.

Kedua klub belum pernah bertemu di kompetisi resmi UEFA. Namun, mereka setidaknya sudah berduel empat kali di laga uji coba. Termasuk pramusim tahun lalu dimana Barcelona memenangi dua pertandingan di Amerika Serikat. (amr)

Prakiraan Pemain

Napoli (4-3-3): Meret; Di Lorenzo, Manolas, Maksimović, Mário Rui; Fabián Ruiz, Demme, Zieliński; Callejón, Mertens, Insigne
Barcelona (4-3-3): Ter Stegen: Semedo, Piqué, Lenglet, Junior: Arthur, Busquets, De Jong: Messi, Griezmann, Fati

Head to head

10/08/19 Barcelona 4-0 Napoli
08/08-19 Barcelona 2-1 Napoli
06/08/14 Barcelona 0-1 Napoli
22/08/11 Barcelona 5-0 Napoli

Lima pertandingan terakhir Napoli

22/02/20 Brescia 1-2 Napoli
17/02/20 Cagliari 0-1 Napoli
13/02/20 Inter Milan 0-1 Napoli
09/02/20 Napoli 2-3 Lecce
04/02/20 Sampdoria 2-4 Napoli
Lima pertandingan terakhir Barcelona

22/02/20 Barcelona 5-0 Eibar

15/02/20 Barcelona 2-1 Getafe

10/02/20 Real Betis 2-3 Barcelona

07/02/20 Athletic Bilbao 1-0 Barcelona

03/02/20 Barcelona 2-1 Levante

PENCETAK GOL

Napoli

Dries Mertens: 5

Arkadiuz Milik: 3

Lorenzo Insigne: 1

Hirving Lozano: 1

Fernando Llorente: 1

PEMBERI ASSIST

Napoli

Giovanni Di Lorenzo: 2

Dries Mertens: 1

Lorenzo Insigne: 1

Jose Callejon: 1

PENCETAK GOL

Barcelona

Luis Suarez: 3 (absen)

Lionel Messi: 2

Carles Perez: 1 (pindah klub)

Ansu Fati: 1

Antoine Griezmann: 1

PEMBERI ASSIST

Barcelona

Lionel Messi: 3

Luis Suarez: 2 (absen)

Arthur: 1

Arturo Vidal: 1

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...