8.183 Guru Honorer Sulsel, hanya 100 yang Bisa Diusul Jadi PPPK

Rabu, 26 Februari 2020 13:37

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Polemik tenaga honorer, khusus guru atau tenaga pendidikan terus bersoal. Di Sulawesi Selatan misalnya, di jenjang SMA/SMK, berdasarkan data Dinas Pendidikan tercacat 8.183 guru honorer.

Dari jumlah ini, sekitar 500 orang lebih masuk kategori honorer K2. Mereka ini sebelumnya sudah pernah mengikuti seleksi untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), hanya saja hingga saat ini belum direalisasikan.

Kepala Sub Kepegawaian Dinas Pendidikan Sulsel, Firdausi Topuriti mengatakan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah pernah meminta data pengusulan honorer diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

“Data yang ada sekitar 500 honorer K2, tapi yang memenuhi persyaratan diusulkan itu hanya sekitar 100 orang,” kata Firdausi di Kantor Dinas Pendidikan Sulsel, Rabu (26/02/2020).

Firdausi menyebutkan kendala utama mereka tidak lolos syarat karena tak memiliki sertifikasi pendidik. Selain itu, latar belakang pendidikan mereka tak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, M Basri menjelaskan pihaknya saat ini tengah melakukan evaluasi terhadap keberadaan tenaga honorer di sekolah. Nantinya pengangkatan honorer akan disesuaikan dengan Daftar Kebutuhan Guru (DKG) sekolah.

“Saat ini ada sekitar 8000 ribu guru honorer. Ini akan kita pilah mana yang punya NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Pendidikan). Mereka ini yang bisa digaji dari 50 persen dana BOS. Tapi saya kira jumlahnya hanya 2-3 di setiap sekolah,” jelasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI