Elektabilitas None Naik 2,4 Persen, Tren Positif

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Meski belum membentuk tim pemenangan dan masif turun ke masyarakat, tingkat popularitas dan elektabilitas bakal calon Wali Kota Makassar, Irman “None” Yasin Limpo sudah menunjukkan trend yang positif.

Hal ini bisa dilihat dari hasil survei yang telah dirilis dua lembaga survei, yakni PT Parameter Publik Indonesia (PPI) dan PT General Survei Indonesia (GSI).

Berdasarkan hasil survei PPI, tingkat pengenalan None di masyarakat per Februari 2020 di angka 69,60 persen. Sedangkan untuk popularitas, berkisar 10 persen. Elektabilitas adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ini naik 2,40 persen jika dibandingkan Agustus 2019 lalu, yang hanya 7,60 persen.

PPI melakukan pengumpulan data pada 1 – 6 Februari 2020, dengan jumlah responden awal 440 responden. Adapun metode yang digunakan adalah metode sampling, multistage random sampling dengan margin of error 4,8 persen.

Trend yang cukup positif juga ditunjukkan hasil survei GSI. Dimana popularitas None 81,20 persen, sementara penerimaan masyarakat 62,80 persen.

Berbeda dengan PPI yang mengukur elektabilitas None di angka 10 persen, versi GSI 4,68 persen. Padahal, pengumpulan data dilakukan hampir bersamaan, yakni 10 – 20 Februari 2020.

Menanggapi hasil survei tersebut, Juru Bicara None, Tri Febrianto, mengatakan, None belum massif melakukan sosialisasi ke masyarakat, baru sebatas pemasangan Alat Peraga Sosialisasi (APS). Tim pemenangan juga belum terbentuk.

“Pak None masih disibukkan dengan proses penjaringan di parpol. Ibaratnya, beliau belum melakukan gerakan politik apa-apa di bawah, tapi popularitas dan elektabilitasnya sudah melampaui figur lain yang sudah cukup lama bergerak di masyarakat,” kata Buyung, sapaan akrabnya, Rabu, 26 Februari 2020.

Rencananya, None akan membentuk tim dan posko pemenangan dalam waktu dekat ini. Apalagi, ia telah memiliki modal lima kursi setelah Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan rekomendasinya, beberapa waktu lalu.

Diketahui, saat Pilwalkot Makassar 2013, None baru start tiga bulan jelang Pilkada dengan tingkat elektabilitas hanya 1 persen. Hanya tiga bulan melakukan kerja-kerja politiknya, None berhasil menduduki posisi runner up. (*/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...