Kemendagri Gelar HUT Damkar dan Satpol PP Terpusat

Rabu, 26 Februari 2020 13:50

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Perayaan HUT Damkarakan dipusatkan di Kabupaten Bantul, 1 Maret. Perayaan ini menjadi agenda tahunan yang menghadirkan seluruh Damkar se-Indonesia.

Direktur Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kemendagri, Safrijal menjelaskan, perayaan ini merupakan agenda HUT ke 101 Damkar. Ada beberapa agenda kegiatan yang menjadi kegiatan inti, salah satunya skil compotition yang diikuti oleh 50 daerah.

Selain itu, ada agenda lain seperti pengesahan Permendagri untuk Dinas Pemadam Kebakaran mandiri. “Kemudian ada pembentukan relawan Damkar. Tugasnya untuk reaksi cepat. 15 menit call, relawan harus hadir di area itu. Inilah yang akan membantu petugas Damkar di lapangan,” bebernya.

Begitu, kata di, ada kejadian relawan Damkar langsung bisa melakukan antisipasi pemadaman awal. Kemudian relawan Damkar juga akan menjelaskan aspek kemananan limgkungan di masyarakat sebagai upaya dalam aspek pencegahan.

Selaon HUT Damkar, Kemendagri juga akan menggelar HUT Satpol PP yang akan dipusatkan di Mataram Nusa Tenggara Barat. Direktur Satpol PP Arief Mulya Edie mengatakan, ada beberapa kegiatan dalam agenda HUt Satpol PP.

Selain upacara, agenda lain adalah rapat koordinasi antar daerah. Dimana setiap Satpol PP provinsi melaporkam kondisi wilayah mereka. “Terutama dalam penanganan untuk persiapan pilkada,” tambahnya. (ful/fajar)

Komentar