Lies F Nurdin: Pencegahan Stunting Mulai dari Masa Kehamilan

FOTO: HUMAS PEMPROV SULSEL

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Lies F Nurdin, membuka seminar sehari bertajuk Upaya Penurunan Prevalensi Stunting Melalui Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut, yang dilaksanakan di aula Rumah Sakit Khusus Daerah Gigi dan Mulut Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu, 26 Februari 2020.

Di hadapan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel yang baru saja dilantik dan hadir pada pembukaan seminar ini, Lies menyampaikan pentingnya pencegahan stunting mulai dari 1.000 hari awal kehidupan, termasuk sejak masa kehamilan.

“Hari ini judul seminarnya sangat bagus, mungkin bisa saya tambahkan bahwa pentingnya upaya penurunan prevalensi ini sejak masa kehamilan ya. Kita sebagai orang Sulawesi Selatan, orang Indonesia sangat malu karena di Asia Tenggara, Indonesia termasuk sangat tinggi angka stuntingnya. Sampai Pak Jokowi memberikan imbauan saat Rakornas PKK lalu agar semua Ketua PKK di Indonesia memperhatikan dan membantu program pemerintah terkait stunting, terutama ibu-ibu yang sedang hamil,” ungkap Lies.

Terkait dengan stunting, Lies pun mengatakan bahwa angka stunting di Provinsi Sulawesi Selatan sudah mengalami penurunan sebesar 5,1 persen selama setahun ini.

“Alhamdulillah atas bantuan dari seluruh Bapak, Ibu, dokter, dan teman-teman dari Kabupaten/ Kota, baru dua bulan lalu saya disampaikan bahwa stunting di Sulsel turun sebanyak 5.1 persen, namun itu pun masih di kisaran angka 27 persen. Maka dari itu kita masih harus bekerja karena target dari Pak Presiden harus di bawah angkat 14 persen,” terang Lies yang juga merupakan Bunda PAUD Sulsel.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar