Pangkep Menjelma Jadi Potret Maritim Dunia

FAJAR.CO.ID, PANGKEP– Potret wajah baru Pangkep yang kini menjadi perhatian naional, yaitu persiapan lokasi pembangunan kawasan industri maritim Indonesia.

Untuk masa yang akan datang, untuk perubahan Kabupaten Pangkep yang lebih mendunia lewat program pembangunan di kawasan pesisir dan kepulauan. Kabupaten Pangkep tawarkan konsep pengembangan strategis wilayah maritim, itu dilakukan untuk mendukung visi pemerintah pusat dalam mewujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia.

Respons wajah baru Pangkep ke depannya ini sangat mendapat tempat hingga ke pusat, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan akan menurunkan tim untuk survei langsung proyek strategis maritim di wilayah Kabupaten Pangkep.

“Konsep yang kami tawarkan ke Kemenko Maritim dan Investasi itu terkait pembangunan maritim di Pangkep, melihat di Pangkep ini termasuk lokasi yang sangat strategis untuk kita kembangkan menjadi Kawasan Industri Maritim (KIM). Sejumlah proyek strategis bersama Kemenko Maritim dan Investasi RI. Merupakan salah satu dalam rencana strategis pengembangan maritim Pangkep. Upaya itu disambut baik oleh kementerian terkait rencana stretegis maritim di wilayah Pangkep,” papar Kepala Bappeda Pangkep, Abdul Gaffar.

Adapun rencana proyek strategis maritim yakni, pembangunan bandara perintis berupa pembuatan landasan pesawat terbang untuk dua pulau terluar yang terletak di Kecamatan Liukang Tangaya dan Kecamatan Liukang Kalmas.

Kemudian, pembangunan KIM yang terdiri atas gelanggan kapal, industri pembuatan kapal, industri pengolahan hasil perikanan, pelabuhan peti kemas, serta kawasan perkantoran.

Khusus Kembangunan KIM rencananya berlokasi di Pelabuhan Maccini Baji dan Pelabuhan Biringkassi, akan bangun daerah maritim serta dilakukan reklamasi pantai di wilayah Maccini Baji dan Biringkassi.

Pembangunan proyek strategis maritim Indonesia di wilayah kepulauan Pangkep nantinya, juga berdampak pada sektor pariwisata nasional di wilayah pesisir dan kepulauan Pangkep.

Di Pangkep akan dibangun bandara perintis di wilayah kepulauan, itu dapat memudahkan akses wisatawan untuk masuk ke Pangkep nantinya.

Terkhusus lagi di wilayah kepulauan terluar Pangkep, yang lebih dekat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali. (fit/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar

Comment

Loading...