Pelatih Barca, Setien Sebut Messi Cs Kurang Sabar di Napoli

Starter Barcelona di San Paolo/UEFA

FAJAR.CO.ID, NAPLES—Barcelona tak bisa mengalahkan Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Melihat jalannya pertandingan, Raksasa Catalan bahkan terbilang cukup beruntung tidak kalah di San Paolo.

Pelatih Barca, Quique Setien menyebut kurangnya kesabaran mereka menjadi salah satu alasan hasil imbang ini. Walau begitu, eks pelatih Real Betis itu menyebut bahwa pertandingan ini memang cukup berat bagi anak asuhnya.

“Itu adalah pertandingan yang sulit dan saya memberi selamat kepada para pemain saya atas hasilnya, tetapi kami harus lebih tajam melawan tim defensif. Ini masalah kesabaran,” kata Setien dikutip dari Football Italia.

“Setelah menyamakan kedudukan, mereka sedikit membuka dan kami bisa lebih menyakiti mereka. Mereka bermain sangat baik dan itu tidak mudah, sehingga skor imbang baik-baik saja masuk ke leg kedua,” lanjutnya.

Pada pertandingan yang berlangsung di San Paolo, kedua klub memulai pertandingan dengan sangat hati-hati. Bahkan, penonton harus menunggu hingga menit ke-9 untuk melihat tembakan pertama ke arah gawang.

Upaya pertama ini dilakukan penyerang Napoli, Dries Mertens. Menerima umpan terobosan, pemain tim nasional Belgia itu melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang masih terlalu pelan dan bisa diamankan dengan mudah oleh kiper Marc-Andre ter Stegen.

Ancaman kedua diberikan tuan rumah di menit ke-16. Lewat sebuah serangan di sisi kanan, Jose Callejon berhasil lepas dari penjagaan. Sayang, umpannya ke depan gawang mengenai Samuel Umtiti sehingga bola berbelok arah ke penjaga gawang.

Barca yang melakukan penguasaan bola hingga 64% belum melakukan ancaman apapun hingga menit ke-25. Bahkan, bermula dari kesalahan Junior Firpo, mereka harus kebobolan di menit ke-29.

Sang bek melakukan kesalahan saat akan menghalau bola di sisi kiri. Piotr Zielinski kemudian dengan cepat mengirim bola kepada Dries Mertens yang berdiri tak terkawal di depan kotak penalti. Dengan mudah, Mertens menaklukkan Stegen. Tembakan kaki kanannya ke sudut kiri hanya membuat sang kiper melongo.

Tertinggal 0-1, Barca yang memainkan Arturo Vidal untuk mendampingi Lionel Messi dan Antoine Griezmann di lini serang  belum juga bisa memberi ancaman serius. Pertahanan berlapis Napoli membuat mereka tidak bisa melepaskan tembakan ke arah gawang. Skor 1-0 pun menjadi hasil paruh pertama.

Kembali dari ruang ganti, Barca masih memegang kendali. Namun, masih belum ada ancaman berarti yang bisa mereka hasilkan. Pada menit ke-56, Ivan Rakitic ditarik keluar digantikan Arthur setelah sebelumnya Napoli menarik Mertens dan memasukkan Arkadiuz Milik.

Lewat sebuah kerjasama segitiga, Barcelona akhirnya bisa melepaskan tembakan ke gawang yang langsung berbuah gol. Sergio Busquest mengirim umpan ke Nelson Semedo yang kemudian meneruskannya ke mulut gawang. Griezmann yang menunggu di depan gawang dengan mudah menceploskan bola dengan tendangan kaki kanan jarak dekatnya.

Napoli mendapat peluang kembali unggul di menit ke-60 ketika Lorenzo Insigne mampu menerobos masuk kotak penalti melewati dua bek Barca. Beruntung bagi Raksasa Catalan, Stegen masih bisa menepis tendangan jarak dekat Insigne.

Pada menit ke-62, Napoli mestinya bisa benar-benar memimpin ketika Jose Callejon berhadapan satu lawan satu dengan Stegen. Sayang, tendangannya dari dalam kotak penalti usai menerima bola masih mengenai kaki Stegen.

Lionel Messi mendapat kesempatan bagus membalikkan keadaan di menit ke-75 saat mendapat umpan manis dari Vidal di dalam kotak penalti. Sayang, tendangan kaki kanannya bisa diblok Nikola Maksimovic dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dari situasi sepak pojok itu, Barca lagi-lagi mendapat peluang. Tendangan penjuru Messi ke depan gawang ditanduk Samuel Umtiti. Namun, sundulan jarak dekat bek Prancis itu masih melayang di atas mistar gawang.

Napoli kembali mengancam dimenit ke-83. Mendapat bola di sisi kiri pertahanan Barca, Insigne yang tak terkawal melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang. Namun bola masih melebar.

Barca harus bermain dengan 10 orang di menit ke-87 setelah Vidal diusir wasit dari lapangan. Ia mendapat dua kartu kuning yang akhirnya berujung kartu merah usai melanggar Mario Rui lalu bersitegang dengan sang bek.

Setelah itu, Barca juga harus kehilangan Gerard Pique yang cedera. Namun, keunggulan jumlah pemain tak bisa dimaksimalkan Napoli. Skor1-1 pun menjadi hasil akhir laga yang jelas menjadi keuntungan bagi Barca yang akan jadi tuan rumah di leg kedua. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir

Comment

Loading...